Ilustrasi/Wowamazing
Health

5 Cara Mencegah Stres dan Hipertensi

Novita Sari Simamora
Kamis, 25 Maret 2021 - 08:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Stres kronis bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan darah tinggi atau hipertensi.

Mengutip dari Mayo Clinic, Kamis (25/3/2021), diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan efek stres kronis pada tekanan darah. Stres sesekali juga dapat berkontribusi pada tekanan darah tinggi.

Ada beberapa cara untuk bereaksi terhadap stres, salah satunya dengan cara mengonsumsi makanan sehat, berhenti minum alkohol dan juga merokok.

Luangkan waktu untuk memikirkan apa yang menyebabkan Anda merasa stres, seperti pekerjaan, keluarga, keuangan, atau penyakit. Setelah Anda mengetahui apa yang menyebabkan stres, pertimbangkan cara menghilangkan atau mengurangi stres.

Jika Anda tidak bisa menghilangkan semua penyebab stres Anda, setidaknya Anda bisa mengatasinya dengan cara yang lebih sehat. Cobalah untuk:

1. Ubah ekspektasi Anda

Misalnya, rencanakan hari Anda dan fokus pada prioritas Anda. Hindari mencoba melakukan terlalu banyak dan belajar mengatakan tidak.

Pahami ada beberapa hal yang tidak dapat Anda ubah atau kendalikan, tetapi Anda dapat berfokus pada cara Anda bereaksi.

2. Fokus pada masalah yang dapat Anda kendalikan

Lalu buat rencana untuk menyelesaikannya. Jika Anda mengalami masalah di tempat kerja, cobalah berbicara dengan manajer Anda. Jika Anda mengalami konflik dengan anak atau pasangan Anda, ambillah langkah-langkah untuk mengatasinya.

3. Hindari pemicu stres

Cobalah untuk menghindari pemicu saat Anda bisa. Misalnya, jika lalu lintas pada jam sibuk dalam perjalanan ke kantor menyebabkan stres, cobalah berangkat lebih awal di pagi hari, atau naik transportasi umum. Hindari orang yang membuat Anda stres jika memungkinkan.

4. Luangkan waktu untuk bersantai dan melakukan aktivitas yang Anda sukai

Luangkan waktu setiap hari untuk duduk dengan tenang dan bernapas dalam-dalam. Luangkan waktu untuk aktivitas atau hobi yang menyenangkan dalam jadwal Anda, seperti berjalan-jalan, memasak, atau menjadi sukarelawan.

5. Berlatihlah bersyukur

Mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang lain dapat membantu mengurangi stres Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro