Vaksin Covid-19 Sinovac beserta jarum suntik terpajang di kawasan Masjid Istiqlal saat vaksinasi di Jakarta, Selasa (23/2/2021)./Antara
Health

Sinovac Uji Vaksin untuk Anak-anak, Amankah?

Luke Andaresta
Kamis, 25 Maret 2021 - 14:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Lebih dari 70 juta dosis vaksin Sinovac telah didistribusikan ke seluruh dunia, termasuk di China. Berdasarkan data awal, Sinovac mengatakan vaksin Covid-19 ini aman diberikan untuk anak-anak usia 3-17 tahun.

Sinovac telah menyerahkan data tersebut ke regulator obat China.

Melansir dari Fox News, China telah menyetujui penggunaannya pada orang dewasa, tetapi belum digunakan pada anak-anak, karena sistem kekebalan mereka yang dinilai merespons secara berbeda terhadap vaksin.

Direktur Medis Sinovac Gang Zeng mengatakan uji klinis tahap awal dan menengah dengan lebih dari 550 subjek anak-anak usia 3-17 tahun menunjukkan vaksin tersebut akan memicu respons kekebalan.

“Dua penerima mengalami demam tinggi sebagai respon terhadap vaksin, satu anak berusia 3 tahun dan yang lainnya berusia 6 tahun. Subjek uji coba lainnya mengalami gejala ringan,” kata Zeng yang dikutip Bisnis, Kamis (25/3).

Anak-anak jauh lebih kecil kemungkinannya untuk sakit parah karena Covid-19, tetapi mereka masih berisiko dan dapat menyebarkan virus. Sementara kampanye vaksinasi di seluruh dunia difokuskan untuk orang dewasa, anak-anak juga perlu diimunisasi untuk turut mengurangi dampak virus Covid-19.

Sementara itu, vaksin Pfizer diizinkan untuk digunakan mulai usia 16 tahun dan sedang diteliti pada usia 12-16 tahun. Sama halnya dengan Sinopharm juga sedang menyelidiki keefektifan vaksinnya pada anak-anak. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa telah menyerahkan data klinis kepada pemegang regulasi pada bulan Januari lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Luke Andaresta
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro