Vaksin Covid-19 Sinovac beserta jarum suntik terpajang di kawasan Masjid Istiqlal saat vaksinasi di Jakarta, Selasa (23/2/2021)./Antararn
Health

Jangan Khawatir! Pemerintah Jamin Keamanan & Mutu Vaksin Covid-19

Oktaviano DB Hana
Jumat, 26 Maret 2021 - 09:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia menjamin keamanan mutu dan khasiat vaksin virus Corona atau Covid-19 yang digunakan dalam program vaksinasi nasional.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito terkait kedatangan 16 juta dosis vaksin Sinovac yang diterima pemerintah Indonesia kemarin, Kamis (25/3/2021). Belasan juta dosis vaksin Sinovac itu datang dalam bentuk bahan baku (bulk) yang dikirim dari China.

Dia menjelaskan bahwa vaksin Sinovac yang datang di Bandara Soekarno-Hatta itu menambahkan total vaksin yang telah diterima Indonesia menjadi 53,5 juta dosis vaksin berbentuk bulk. Setelah kedatangan ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) segera melakukan evaluasi untuk menjamin keamanan, mutu dan khasiat vaksin tersebut.

"Evaluasi kepada vaksin akan dilakukan Badan POM untuk menjamin keamanan, mutu dan khasiatnya," ungkapnya dalam keterangan pers di laman remis covid19.go.id, Kamis (25/3/2021).

Kedatangan vaksin ini sejalan dengan upaya pemerintah melakukan akselerasi vaksinasi Covid-19. Di samping vaksin, pemerintah telah melakukan berbagai upaya berbentuk program-program preventif dalam penanganan pandemi Covid-19 dalam setahun terakhir.

Saat ini pemerintah telah membentuk pos komando (posko) yang memperkuat kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat tingkat desa dan kelurahan (PPKM Mikro). Posko-posko ini dinilai efektif melakukan penanganan dan pencegahan penularan virus Covid-19 di tingkatan terkecil dalam masyarakat. 

"Posko penanganan Covid-19 merupakan ujung tombak penanganan Covid-19 tingkat desa atau kelurahan merupakan ujung tombak dari keberhasilan dari penyelenggaraan program PPKM Mikro dan program preventif pemerintah lainnya," kata Wiku. 

Untuk itu pemerintah dan Satgas Covid-19 di daerah diminta memastikan pelaporan rutin dari posko terkait perkembangan kasus di daerah. Laporan rutin ini dinilai akan sangat membantu dalam menyelesaikan kendala yang ditemui di lapangan. 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro