Telapak kaki
Health

10 Penyebab Telapak Kaki Anda Terasa Dingin

Mia Chitra Dinisari
Senin, 29 Maret 2021 - 08:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah kaki Anda pernah terasa dingin?

Mengalami perasaan kaki dingin adalah  gejala umum yang disebabkan oleh banyak faktor kesehatan dan gaya hidup seperti suhu dingin dan kecemasan. 

Kondisi ini sebagian besar terjadi ketika tubuh membatasi suplai darah ke ekstremitas seperti kaki atau hidung untuk menghemat panas tubuh untuk organ vital lainnya.

Penurunan suplai darah menyebabkan penurunan oksigen, yang selanjutnya menyebabkan sensasi dingin pada kaki, yang menyebabkan kondisi yang disebut kaki dingin.

Kaki dingin tidak hanya ditandai dengan rasa dingin pada kaki tetapi diikuti dengan gejala lain seperti mati rasa, perubahan warna kulit, demam, kesemutan atau sensasi seperti jarum, nyeri sendi, disfungsi ereksi, penyembuhan luka yang lambat, kelemahan otot , nyeri dan luka di jari kaki dan jari tangan.

Berikut beberapa penyebab utama kaki dingin dan dengan beberapa metode pengobatan yang disarankan seperti dilansir dari Boldsky :

1. Anemia

Kekurangan zat besi adalah penyebab utama kaki dingin atau intoleransi dingin. Zat besi membantu dalam pembuatan hemoglobin yang mengikat oksigen dan membantu mengirimkannya ke berbagai bagian tubuh.

Kekurangan zat besi menurunkan produksi hemoglobin dan dengan demikian, mengurangi suplai oksigen ke ekstremitas seperti kaki yang menyebabkan kaki menjadi dingin. Ini menonjol pada wanita dibandingkan pria.

2. Diabetes

Penderita diabetes berisiko lebih tinggi mengalami tukak kaki. Menurut sebuah penelitian, penderita diabetes sering menggambarkan gejala mereka sebagai sensasi dingin yang tidak normal pada kaki, kram yang menyakitkan, nyeri yang menusuk, dan sensasi tidak menyenangkan lainnya seperti menusuk, menggelitik, atau terbakar di daerah kaki. Ini karena hiperglikemia dapat menyebabkan kerusakan pada serabut saraf dan melemahkan otot, mempengaruhi otot-otot kecil pada kaki.

3. Suhu dingin

Tidak diragukan lagi, suhu dingin adalah penyebab paling umum dari kaki dingin pada orang dewasa yang sehat. Ketika suhu tubuh turun di bawah 98,6 ° F yang merupakan suhu tubuh normal, hipotalamus (yang sensitif terhadap suhu darah) membatasi aliran darah ke bagian tubuh yang kurang penting seperti kaki untuk menghemat panas bagi otak, jantung, dan organ vital lainnya. 

4. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme atau produksi hormon tiroid yang tidak mencukupi adalah kelainan endokrin yang terutama ditandai dengan sensitivitas dingin. Hormon tiroid bekerja erat dengan sistem saraf dan mengatur suhu tubuh. Ketika produksinya menurun, bahkan penurunan suhu kulit yang sedikit pun dapat menyebabkan suplai darah dari kaki terhambat, menyebabkan kaki menjadi dingin. 

5. Stres Akut

Faktor psikologis seperti stres akut dan kecemasan dapat memicu vasokonstriksi perifer, yang menyebabkan penurunan suhu inti tubuh dengan cepat dan menyebabkan gejala seperti kaki dingin. Karena stres membantu memompa hormon adrenalin ke dalam darah, stres yang berkepanjangan dapat menurunkan aliran darah secara teratur ke ekstremitas seperti kaki.

6. Fenomena Raynaud

Menanggapi suhu dingin dan stres emosional, fenomena Raynaud terjadi; yang ditandai dengan dingin dan mati rasa pada jari kaki dan ekstremitas tubuh lainnya. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kondisi mendasar tertentu seperti radang sendi atau penyakit autoimun.

7. Merokok

Menurut sebuah penelitian, kondisi yang disebut penyakit Buerger dapat menjadi penyebab kaki dingin yang terutama ditemukan pada laki-laki yang merokok. Ini adalah sejenis penyakit inflamasi yang mekanismenya mungkin melibatkan hubungan antara hipersensitivitas tembakau dan gangguan vasorelaksasi yang bergantung pada endotel, yang menyebabkan kaki dingin. 

8. Kolesterol tinggi

Arteriosklerosis ditandai dengan penyempitan arteri karena penumpukan kolesterol, lemak dan kalsium, sehingga terjadi penumpukan plak. Hal ini menyebabkan terhambatnya suplai darah ke bagian tubuh seperti kaki dan memberikan sensasi kaki dingin pada seseorang.

9. Kehamilan

Kehamilan ditandai dengan adanya perubahan hormon yang dapat mempengaruhi sistem saraf otonom akibat kurangnya suplai darah ke ekstremitas, terutama yang lebih rendah seperti tungkai. Selain itu, pada kehamilan, suhu inti tubuh sedikit meningkat yang dapat membuat udara di sekitarnya terasa sejuk. Perubahan ini bisa menyebabkan kaki dingin pada ibu hamil.

10. Obat-obatan tertentu

Jenis obat tertentu seperti beta-blocker, antidepresan dan amfetamin yang sebagian besar digunakan untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi sakit kepala migrain dan nyeri artritis bagian bawah dapat menyebabkan kaki dingin sebagai efek sampingnya. Mereka menyempitkan pembuluh darah dan mungkin memberikan sensasi dingin pada kaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro