Ilustrasi insomnia / boldsky.com
Health

Terkuak! Ini Alasan Wanita Rentan Insomnia Jelang Menstruasi

Newswire
Senin, 29 Maret 2021 - 15:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gejala menstruasi ternyata tidak hanya ditandai munculnya jerawat hormonal di wajah. Beberapa wanita ternyata mengalami serangan kesulitan tidur atau  insomnia yang sangat buruk sebelum siklus menstruasi dimulai.

Hasil penelitian diungkapkan seorang dokter ahli kebidanan bersertifikat di Kelompok Wanita Northwestern Julie Levitt. Dikutip dari Tempo.co, Julie Levitt mengatakan insomnia yang disebabkan oleh siklus menstruasi dapat terjadi karena peningkatan kadar progesteron pada paruh kedua siklus menstruasi setelah ovulasi. Pada permulaan siklus menstruasi, kadar progesteron dan estrogen sama-sama turun yang memicu pendarahan.

"Beberapa wanita mengalami efek ini juga pada kemampuan mereka untuk tidur dan tetap tertidur," ujarnya seperti dikutip dari laman Pop Sugar, Senin (29/3/2021).

Lebih lanjut, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 sebenarnya menemukan hubungan antara fragmentasi tidur dan fase luteal dari siklus menstruasi, atau saat pre-menstrual syndrome (PMS) terjadi.

Pengalaman gangguan tidur di sekitar waktu siklus menstruasi juga telah dilaporkan sendiri dalam survei National Sleep Foundation Sleep in America 2007. Meredith Broderick, seorang dokter tidur dan ahli saraf bersertifikasi mengatakan bahwa 25 hingga 33 persen wanita menstruasi yang disurvei melaporkan gangguan tidur sebelum atau selama menstruasi.

"Ia juga menemukan bahwa wanita yang memiliki gejala pramenstruasi [PMS] yang lebih parah mengalami insomnia atau kantuk di siang hari. Ilmu yang mengevaluasi tindakan yang lebih obyektif tergantung pada populasinya," kata Dr. Broderick.

Gangguan dysphoric pramenstruasi atau (PMD) merupakan bentuk PMS yang lebih serius di mana gejalanya cenderung parah dan mengganggu kehidupan sehari-hari, mungkin juga berhubungan dengan kesulitan tidur. Johns Hopkins Medicine mencantumkan insomnia sebagai gejala fisiologis yang umum.

Kantor Kesehatan Wanita dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat juga mencatat bahwa tujuh dari 10 wanita dengan PMDD mengalami kesulitan tidur selama hari-hari menjelang menstruasi.

Dr. Broderick mengatakan bahwa perawatan medis untuk PMS dan PMDD dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, seperti juga mengobati rasa sakit atau ketidaknyamanan, dan Anda harus selalu menemui dokter kandungan jika Anda mengalami gejala menstruasi yang tidak normal atau ketidakteraturan.

"Jika ragu, buatlah janji dengan spesialis tidur bersertifikat jika masalah tidur mengganggu kualitas hidup Anda atau fungsi siang hari," tambah Dr. Broderick.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro