Kuning dan putih telur./Istimewa
Health

6 Makanan Sumber Protein Tinggi untuk Turunkan Berat Badan

Luke Andaresta
Selasa, 30 Maret 2021 - 15:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Mengonsumsi makanan tinggi protein memiliki banyak manfaat, di antaranya membangun otot, menurunkan berat badan, dan merasa lebih kenyang setelah makan. Namun, mengonsumsi makanan yang seimbang nutrisinya adalah bagian penting untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Melansir dari Medical News Today, berikut ini adalah beberapa makanan berprotein tinggi terbaik yang dapat dikonsumsi seseorang untuk membantu mereka menurunkan berat badan.

1. Telur

Telur adalah sumber protein, nutrisi, dan lemak sehat yang sangat baik. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa telur dapat membantu orang merasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Salah satu studi menemukan bahwa sekelompok wanita yang makan telur sebagai pengganti bagel untuk sarapan merasa kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit kalori sepanjang hari.

2. Ikan Salmon

Meskipun harganya tidak murah, salmon merupakan sumber protein yang sangat baik dan dapat membantu seseorang merasa lebih kenyang saat makan.

3. Dada Ayam

Dada ayam adalah sumber protein tanpa lemak. Mayoritas kalorinya berasal langsung dari protein saat disajikan tanpa kulit ayam. Sebanyak 136 gram dada ayam tanpa kulitnya menyediakan sekitar 26 gram sumber protein terpercaya.

4. Ikan Tuna

Tuna adalah sumber protein yang sangat baik dan memiliki jumlah kalori yang rendah. Tuna adalah ikan dengan sedikit lemak. Tuna bisa dijadikan isian salad, sandwich, atau makanan ringan lain.

5. Tempe

Makanan yang berasal dari kacang kedelai ini memiliki jumlah protein yang lebih tinggi daripada tahu. Setengah iris tempe dengan ukuran sedang memiliki sekitar 17 gram sumber protein terpercaya.

6. Alpukat

Alpukat tidak hanya mengandung protein dan lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung, tetapi juga mengandung serat dan nutrisi yang baik, seperti kalium. Kontrol porsi dalam mengonsumsi alpukat diperlukan karena buah satu ini sangat padat kalori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Luke Andaresta
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro