Manfaat bangun pagi/India.com
Health

Wah, Ternyata ini 5 Manfaat Bangun Pagi

Newswire
Selasa, 30 Maret 2021 - 22:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bangun pagi barang kali jadi hal yang sangat sulit dilakukan oleh sebagian orang. Tak jarang kita menemukan orang-orang sekitar sering terlambat ke kantor, terlambat masuk kelas maupun terlambat dalam aktivitas lain yang dilakukan di pagi hari.

Hal itu bisa dikarenakan sebagian orang lebih senang memanfaatkan waktu malam hari untuk berkativitas, semisal nonton drama Korea atau drakor, nongkrong dengan teman, membaca novel atau melakukan kegiatan lain yang membuat jam tidur tak teratur akibat sering tidur lewat tengah malam.

Meski sulit dilakukan, aktivitas bangun pagi memberikan banyak dampak positif, seperti dapat mengurangi stres, karena saat tidur 7-9 jam di malam hari Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik untuk menginstirahatkan tubuh dari segala aktivitas sehari-hari. Sehingga badan lebih segar untuk dibawa beraktivitas di pagi hari. Selain itu masih terdapat menfaat tidur lainnya, di antaranya:

1. Lebih banyak energi

Dengan tidur cukup 7-9 jam di malam hari Anda mendapat kualitas istirahat yang bagus. Hingga saat bangun di pagi hari badan jadi lebih segar untuk dibawa melakukan berbagai macam rutinitas pagi. Anda juga bisa lebih produktif dalam bekerja atau belajar di kelas pagi, karena terhindar dari rasa kantuk.

2. Awal yang Baik Sebelum Memulai Hari

Dengan bangun pagi Anda lebih bisa mempersiapkan diri untuk beraktifitas pagi. Seperti mengecek keperluan barang yang perlu dibawa dengan tidak tergesa-gesa, merapikan pakaian kerja sebelum dipakai, merias wajah dll. Hingga Anda terhindar dari hal-hal teledor yang dapat terjadi akibat tergesa-gesa melakukan sesuatu.

3. Mendapat Udara Segar

Saat pagi hari kadar polusi lebih rendah dibandingkan siang hari, dengan bangun pagi anda dapat menikmati udara segar di sekitar tempat tinggal anda. Anda bisa melakukannya dengan keluar ke halaman rumah atau membuka jendela rumah dan pintu rumah agar udara bisa masuk.

4. Memiliki Banyak Waktu

Ada saat di mana pekerjaan dan studi membuat tubuh lelah dan stress karena ditekan terus menerus untuk melakukan banyak hal. Salah satu solusi yang bisa dilakukan dan mungkin ingin anda lakukan adalah dengan sesekali melakukan olahraga pagi. Dengan bangun pagi sesuai jadwal yang ditetapkan Anda bisa mewujudkan tujuan untuk berolahraga. Bangun pagi juga memberikan Anda waktu luang untuk sarapan sebelum ke kantor atau ke sekolah, karena tak jarang orang lebih mudah lesu karena melewatkan jam makan paginya.

5. Lebih Aktif saat Berkegiatan Seharian

Seseorang yang bangun pagi cenderung memiliki suasana hati yang baik dalam menjalankan rutinitas di pagi hari, karena tubuhnya cukup mendapat asupan istirahat di malam hari. Berbeda dengan seseorang yang kekurangan tidur dan terlambat bangun, perasaan kantuk akan membuatnya tidak semangat menjalani hari, selain itu ia juga akan kurang fokus dalam mengerjakan sesuatu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro