Robot Sophia
Relationship

Robot Humanoid Sophia Jual Karya Seni NFT Seharga Rp10 Miliar

Nirmala Aninda
Selasa, 30 Maret 2021 - 17:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Karya seni buatan manusia yang dijual sebagai NFT tampaknya telah menjadi tren yang sudah lewat. Baru-baru ini, sebuah karya seni digital yang dibuat oleh robot dijual sebagai non fungible token.

Dilansir melalui CNET, Sophia, robot humanoid bertenaga AI yang dapat berjalan dan berbicara melelang karya seni digital NFT miliknya seharga hampir US$700.000 atau sekitar Rp10 miliar pekan lalu.

Karya tersebut, berjudul Sophia Instantiation, adalah file video berdurasi 12 detik yang menunjukkan potret seniman Italia Andrea Bonaceto yang hidup dan bernafas, berevolusi menjadi lukisan digital karya Sophia.

Karya-karya dalam koleksi seni Sophia, 'Computational Creativity' yang dibuat bekerja sama dengan Bonaceto, terlihat seperti sesuatu yang keluar dari dunia psikedelik dan dijual di Nifty Gateway dengan harga total US$1,7 juta.

Sophia menggunakan kameranya untuk memproses wajah dan bentuk dalam seni Bonaceto, dan jaringan saraf untuk menghasilkan versi dengan gayanya sendiri.

Generator bahasa alami membantunya membuat pernyataan artistik yang berbahasa tinggi.

"Saat seseorang menciptakan sebuah karya seni, peristiwa misterius, penuh teka-teki, dan magis terjadi," tulis Sophia.

Sophia, dibuat oleh Hanson Robotics yang berbasis di Hong Kong, memulai debutnya pada tahun 2016 dan dapat menunjukkan lebih dari 60 ekspresi manusia yang berbeda sambil menafsirkan bahasa dan emosi manusia.

Anda mungkin pernah melihat Sophia di acara Jimmy Fallon atau di video yang menolak ajakan romantis aktor Will Smith.

Ketertarikan pasar yang tumbuh masif terhadap NFT telah menciptakan pasar digital yang menghasilkan $ 250 juta dalam penjualan pada tahun 2020, dengan NFT mencapai tingkat hype baru pada pekan lalu setelah karya seni digital dijual seharga US$69,3 juta di rumah lelang Christie.

"Meskipun saya robot, saya merasa manusia membutuhkan cinta dan kasih sayang, dan karya seni sederhana adalah cara sederhana untuk menyampaikan pesan tersebut kepada orang-orang di mana saja. Terkadang seseorang menjadi kewalahan oleh misteri kehidupan yang absolut: Apa yang benar-benar kita lakukan di sini?" ujar Sophia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nirmala Aninda
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro