Real Estate/huffingtonpost
Fashion

Desain Rumah Ini Masih Jadi Primadona untuk Kaum Milenial

Desyinta Nuraini
Selasa, 30 Maret 2021 - 13:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Arsitek Yuke Ardhiati menilai desain minimalis masih menjadi tren arsitektur pada tahun ini. Gaya hidup yang simpel dan tidak mau ribet menjadi salah satu faktor mengapa desain ini paling diminati.

Minimalis adalah tren desain yang dimulai pada abad ke-20 dan berlanjut hingga sekarang. Desain minimalis adalah desain yang menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, hingga hanya meninggalkan elemen-elemen pentingnya saja.

"Style bangunan yang disenangi milenial itu yang simpel, kalau terlalu banyak ornamen sulit untuk memelihara dan mahal," ujarnya kepada Bisnis beberapa waktu lalu.

Simpel tetapi bukan berarti simplicity. Seperti kata Yuke bahwa arsitektur minimalis tetap bisa memakai desain unik dengan memasukan unsur cahaya dan penghawaan.

Ya, seiring waktu konsep rumah yang simpel namun terlihat lapang dengan penghematan energi disukai kaum milenial. Penggunaan kaca besar pengganti dinding atau jendela panjang menjadi pilihan.

Selain mampu menerangi ruangan dengan cahaya matahari sehingga minim penggunaan lampu, pengaplikasian ini menciptakan penghawaan yang baik karena adanya sirkulasi udara. Di masa pandemi virus seperti sekarang ini, pertukaran udara di rumah memang menjadi sangat penting.

Seiring dengan itu, pola ruang yang tren yakni adanya multifungsi. Misalnya menjadikan ruang tamu sekaligus ruang makan dan tempat untuk belajar. Penempatan meja besar bisa dilakukan untuk melakukan tiga hal itu.

"Seperti rumah betawi zaman dulu, bisa untuk makan, bertamu, tetapi didekatkan jendela," sebutnya.

Di ruang tamu itu, juga bisa ditempatkan area kecil sebagai ruang kerja daring. "Tren sekarang ruang multifungsi tapi fungsi utamanya untuk kerja," imbuhnya.

Idealnya, lanjut Yuke, dapur bisa ditempatkan di area depan, sejajar dengan ruang tamu yang dimultifungsikan. Jadi ketika penghuni rumah ingin masuk, dia bisa melalui pintu dapur, kemudian membersihkan diri di toilet yang berada di dekat area itu, baru bisa masuk ke ruangan lain. Penting menjaga kebersihan diri sebelum masuk ke rumah untuk pencegahan virus beredar di tempat tinggal kita.

Menurut Yuke, desain minimalis namun multifungsi ini juga cocok pada tipe rumah 21 meter dengan menambah loteng untuk kamar tidur anak atau area bersantai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro