Kopi/Istimewa
Health

Benarkah Minum Kopi bisa Menghambat Pertumbuhan Anak?

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 30 Maret 2021 - 09:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu alasan mengapa kopi biasanya tidak diberikan kepada anak-anak mungkin karena kepercayaan bahwa minuman berkafein dapat menghambat pertumbuhan anak-anak. Tetapi apakah ada benarnya informasi ini?

Jawabannya adalah "tidak": Tidak ada bukti bahwa kopi atau kafein menghambat pertumbuhan dan perkembangan masa kanak-kanak.

Sebaliknya, tinggi badan seseorang sebagian besar diatur oleh faktor-faktor lain. Misalnya, ratusan gen yang diidentifikasi sejauh ini dianggap bertanggung jawab atas sekitar 16% tinggi badan orang dewasa.

Kesehatan umum seorang anak juga berperan. Misalnya, infeksi berulang selama masa bayi dapat memperlambat penyerapan nutrisi dan pertumbuhan tulang, seperti yang ditunjukkan oleh sejumlah penelitian berbeda. Selain itu, apakah seorang anak cukup mengonsumsi makanan penting, seperti susu, selama tahun-tahun awal mereka juga mempengaruhi tinggi badan, seperti halnya pola makan ibu selama kehamilan, menurut penelitian di jurnal Nutrition Research Reviews.

Lantas, mengapa sebagian orang masih percaya bahwa kopi dapat menghambat pertumbuhan anak?

Tidak ada yang benar-benar tahu, tetapi ada beberapa teori. Pada 1980-an, beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi biasa berada pada peningkatan risiko osteoporosis karena kafein dapat menyebabkan peningkatan ekskresi kalsium (meskipun efeknya kecil). Jika kafein mampu melemahkan tulang maka dapat dibayangkan bahwa konsumsi yang lebih tinggi di masa kanak-kanak akan menyebabkan perawakan yang lebih pendek. Namun, ternyata ada variabel lain yang berperan: peminum kopi juga cenderung mengonsumsi lebih sedikit susu, sumber utama kalsium. Dengan kata lain, kemungkinan besar bukan kopinya, melainkan karena kalsium yang tidak mencukupi, yang menyebabkan masalah.

Selain itu, penelitian selanjutnya tidak menemukan hubungan antara osteoporosis dan konsumsi kopi, menurut Harvard Health Publishing.

Gagasan lain adalah bahwa banyak penelitian telah mengaitkan konsumsi kafein dengan efek kesehatan positif dan negatif, hanya menambah kebingungan.

"Ada begitu banyak studi epidemiologi tentang kopi, yang menunjukkan bahaya atau kebaikan, sehingga membingungkan," kata penulis sains Mark Pendergast, penulis "Uncommon Grounds: The History of Coffee and How It Transformed Our World" (Basic Books, 2019 ) dilansir dari Live Science.

Teori lain, yang disukai oleh Duane Mellor seorang ahli diet di Universitas Aston di Inggris, adalah bahwa mitos tersebut berasal dari rekomendasi bahwa wanita hamil membatasi konsumsi kafeinnya karena beberapa penelitian telah mengaitkan paparan janin terhadap kafein dengan risiko keguguran spontan yang lebih tinggi. Namun, penelitian ini dibatasi oleh ukuran sampel yang kecil. Buktinya saat ini tidak meyakinkan, sehingga kelompok kesehatan seperti Organisasi Kesehatan Dunia sekarang menyarankan wanita hamil untuk membatasi (tetapi tidak harus sepenuhnya menghindari) konsumsi kafein untuk mengurangi kemungkinan risiko keguguran dan berat badan lahir rendah pada bayi.

"Di situlah kami mendapatkan gagasan tentang pertumbuhan dan kafein, tetapi biologi janin dan bagaimana nutrisinya didorong melalui plasenta sangat berbeda dari individu yang hidup bebas," kata Mellor.

"Metabolismenya juga berbeda. Anda tidak bisa membuat kesejajaran." Tambahnya.

Jadi, ilmunya jelas: Kopi tidak menghambat pertumbuhan anak-anak. Faktanya, mungkin lebih sehat bagi anak Anda untuk meminum secangkir kopi yang lemah daripada soda yang manis dan merusak gigi, kata Mellor.

"Kopi yang encer mungkin bukan masalah besar," kata Mellor kepada Live Science.

Tetapi Mellor juga tidak menyarankan untuk memberi anak Anda espresso setiap pagi. Pasalnya, kafein juga dapat menyebabkan peningkatan kecemasan, tekanan darah tinggi dan refluks asam, dan juga dapat mengganggu tidur, menurut Johns Hopkins Medicine. Kafein dari kopi juga bisa menyebabkan masalah ini pada orang dewasa, tentunya. Tetapi anak-anak memiliki tubuh yang lebih kecil, jadi jumlah kafein yang sama dapat memiliki efek yang lebih nyata pada mereka, juga menurut Johns Hopkins Medicine. Untuk alasan itu, American Academy of Pediatrics merekomendasikan anak-anak kecil untuk tidak minum kopi dan remaja membatasi minum kopi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro