Boyband dari Korea Selatan  BTS atau Bangtan Boys/Youtube
Entertainment

BTS Kecam Tindakan Rasisme dengan Tagar #StopAsianHate #StopAAPIHate

Luke Andaresta
Selasa, 30 Maret 2021 - 19:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Grup K-pop BTS mengeluarkan pernyataan pada Senin malam yang mengecam gelombang kekerasan dan kebencian anti-Asia yang baru-baru ini melanda Amerika Serikat dan berbagai pengalaman mereka sendiri mengalami rasisme karena menjadi orang Asia.

Kecaman tersebut terlihat dalam sebuah postingan surat dalam bahasa Korea dan Inggris di akun twitter resmi BTS. Mereka juga menyertakan tagar #StopAsianHate #StopAAPIHate. Di awal surat, mereka mengatakan turut berduka kepada mereka yang telah kehilangan orang-orang yang dicintai.

Meskipun tidak secara spesifik disebutkan, pernyataan tersebut diduga mengacu pada peristiwa penembakan pada 16 Maret di luar Atlanta, di mana seseorang pria bersenjata mengunjungi tiga panti pijat Asia dan membunuh delapan orang, termasuk enam wanita Asia.

BTS juga menceritakan saat mereka menghadapi diskriminasi sebagai orang Asia. Mereka menuliskan bahwa mereka mendapat umpatan tanpa alasan dan diejek karena penampilan mereka. Bahkan, mereka pernah ditanya mengapa orang Asia berbicara dalam bahasa Inggris.

“We recall moments when we faced discriminaton as Asians. We have endured expletives without reason and were mocked for the way we look. We were even asked why Asians spoke in English,” tulis pernyataan tersebut yang dikutip Bisnis, Selasa (30/3).

Mereka menilai bahwa sikap rasisme yang terjadi saat ini tidak bisa dilepaskan dari identitas mereka sebagai orang Asia dan cukup membuat mereka merasa tidak berdaya dan menghilangkan harga diri orang-orang Asia. Perlu waktu yang cukup lama bagi mereka untuk menyuarakan pesan ini sampai mereka benar-benar yakin untuk menyebarkannya ke seluruh dunia.

Di akhir surat tersebut, mereka mengatakan bahwa mereka menentang diskriminasi rasial dan mengutuk berbagai kekerasan. Menurut mereka, semua orang memiliki hak untuk dihormati dan mereka akan selalu berdiri bersama orang-orang yang terdiskriminasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Luke Andaresta
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro