Bayam/bandt.com.au
Health

10 Makanan Bikin Awet Muda untuk Usia di Atas 40 Tahun

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 31 Maret 2021 - 12:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kulit yang indah dan bercahaya dimulai dari cara kita makan, tetapi makanan anti-penuaan ini juga dapat membantu lebih dari itu.

Ketika kita konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, lemak sehat, air, dan nutrisi penting, kulit kita akan menjadi lebih sehat dan awet muda.

Para peneliti bahkan menyimpulkanTrusted Source bahwa makan buah dan sayuran adalah cara teraman dan tersehat untuk memerangi kulit kusam dan garis halus. 

Berikut adalah 10 makanan anti penuaan terbaik untuk menutrisi tubuh Anda agar bercahaya yang berasal dari dalam seperti dilansir dari Webmd.

1. Selada air

Manfaat kesehatan dari selada air tidak mengecewakan! Daun hijau yang menghidrasi padat nutrisi ini adalah sumber yang bagus untuk:

a. Kalsium
b. Kalium
c. Mangan
d. Fosfor
e. Vitamin A, C, K, B-1, dan B-2

Selada air bertindak sebagai antiseptik internal kulit dan meningkatkan sirkulasi dan pengiriman mineral ke semua sel tubuh, menghasilkan peningkatan oksigenasi pada kulit. Dikemas dengan vitamin A dan C, antioksidan dalam selada air dapat menetralkan radikal bebas berbahaya, membantu menjauhkan garis-garis halus dan kerutan.

2. Paprika merah

Paprika merah sarat dengan antioksidan yang dipercaya sebagai anti-penuaan. Selain kandungan vitamin C yang tinggi - yang baik untuk produksi kolagen - paprika merah mengandung antioksidan kuat yang disebut karotenoid.

Karotenoid adalah pigmen tumbuhan yang bertanggung jawab atas warna merah, kuning, dan oranye terang yang Anda lihat pada banyak buah dan sayuran. Mereka memiliki berbagai sifat anti-inflamasi dan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan racun lingkungan.

3. Pepaya

Makanan super yang lezat ini kaya akan berbagai antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan. Ini termasuk:

a. Vitamin A, C, K, dan E.
b. Kalsium
c. Kalium
d. Magnesium
e. Fosfor
f. Vitamin B.

Berbagai macam antioksidan dalam pepaya membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan dapat menunda tanda-tanda penuaan. Pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain, yang memberikan manfaat anti-penuaan tambahan dengan bekerja sebagai salah satu agen anti-inflamasi terbaik di alam. Itu juga ditemukan di banyak produk pengelupasan kulit.

Jadi ya, makan pepaya (atau menggunakan produk yang mengandung papain) dapat membantu tubuh Anda melepaskan sel-sel kulit mati, membuat kulit Anda bersinar dan cerah!

4. Blueberry

Blueberry kaya akan vitamin A dan C, serta antioksidan anti penuaan yang disebut antosianin. Inilah yang memberi blueberry warna biru yang dalam dan indah.

Sumber terpercaya antioksidan yang kuat ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, stres, dan polusi dengan memoderasi respons peradangan dan mencegah hilangnya kolagen.

5. Brokoli

Brokoli adalah pembangkit tenaga anti-inflamasi dan anti-penuaan yang dikemas dengan:

a. Vitamin C dan K.
b. Berbagai antioksidan
c. Serat
d. Folat
e. Lutein
f. Kalsium

Tubuh Anda membutuhkan vitamin C untuk produksi kolagen, protein utama di kulit yang memberikan kekuatan dan elastisitas.

6. Bayam

Bayam sangat melembabkan dan dikemas dengan antioksidan yang membantu mengoksidasi dan mengisi kembali seluruh tubuh. Itu juga kaya akan:

a. Vitamin A, C, E, dan K.
b. Magnesium
c, Besi heme nabati
d. Lutein

Kandungan vitamin C yang tinggi dan berdaun hijau serba guna ini meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang dan halus. Tapi itu belum semuanya. Vitamin A yang diberikannya dapat meningkatkan rambut yang kuat dan berkilau, sementara vitamin K telah terbukti membantu mengurangi peradangan pada sel.

7. Kacang

Banyak kacang-kacangan (terutama almond) merupakan sumber vitamin E yang bagus, yang dapat membantu memperbaiki jaringan kulit, mempertahankan kelembapan kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan sinar UV. Kacang kenari bahkan mengandung asam lemak omega-3 anti inflamasi yang dipercaya dapat membantu:

a. Memperkuat membran sel kulit
b. Melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari
c. Memberikan kilau yang indah pada kulit dengan mempertahankan penghalang minyak alami

8. Alpukat

Alpukat kaya akan asam lemak pelawan peradangan yang membuat kulit halus dan kenyal. Mereka juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat mencegah efek negatif penuaan, termasuk:

a. Vitamin K, C, E, dan A.
b. Vitamin B.
c. Kalium

Kandungan vitamin A yang tinggi pada alpukat dapat membantu kita meluruhkan sel kulit mati, menjadikan kulit cantik dan bercahaya. Kandungan karotenoidnya juga dapat membantu memblokir racun dan kerusakan akibat sinar matahari dan juga membantu melindungi dari kanker kulit.

9. Ubi jalar

Warna oranye pada ubi jalar berasal dari antioksidan yang disebut beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A. Sumber Tepercaya Vitamin dapat membantu memulihkan elastisitas kulit, meningkatkan pergantian sel kulit, dan pada akhirnya berkontribusi pada kulit yang lembut dan tampak awet muda.

Sayuran akar yang lezat ini juga merupakan sumber vitamin C dan E yang bagus - keduanya dapat melindungi kulit kita dari radikal bebas berbahaya dan menjaga kulit kita tetap bercahaya.

10. Biji delima

Delima telah digunakan selama berabad-abad sebagai buah obat penyembuhan. Tinggi vitamin C dan berbagai antioksidan kuat, buah delima dapat melindungi tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi tingkat peradangan dalam sistem kita.

Buah-buahan sehat ini juga mengandung senyawa yang disebut punicalagins, yang dapat membantu menjaga kolagen di kulit, memperlambat tanda-tanda penuaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro