Mars Home
Relationship

Rumah NFT Pertama di Dunia Terjual Lebih dari Rp7,2 Miliar

Nirmala Aninda
Rabu, 31 Maret 2021 - 12:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Mania NFT tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.

Reporter CNN melaporkan sebuah rumah NFT pertama di dunia baru saja terjual lebih dari US$500.000 atau sekitar Rp7,2 miliar.

Dan meski Mars House karya seniman Krista Kim memang menarik untuk dilihat, karya properti yang sebenarnya tidak ada di dunia nyata.

Struktur futuristik ini adalah sebuah model digital 3-D yang hanya dapat dialami dalam realitas virtual.

Dilansir melalui Robb Report, Mars House yang unik adalah token non-fungible (atau NFT), yang merupakan aset digital yang "dicetak" oleh teknologi blockchain.

Kediaman berwarna neon dan dikelilingi kaca ini terdaftar untuk dijual di SuperRare pekan lalu dan dibeli oleh "artoninternet" sebesar 288 koin Ethereum yang bernilai US$514.557,79 pada saat penjualan.

Kim mengumumkan bahwa sebagian besar hasil penjualan akan disumbangkan ke Continuum Foundation dan digunakan untuk tur dunia instalasi seni yang terdiri dari paduan suara dan cahaya yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan mental.

Pekan lalu, seniman tersebut memberi tahu Architectural Digest bahwa desain Mars House dimaksudkan untuk mempromosikan kesejahteraan meditatif, salah satu fokus kreatifnya sejak merebaknya pandemi Covid-19.

[https://twitter.com/SuperRareBot/status/1372006100782972930?s=20]

"Mars House mewakili generasi NFT berikutnya," kata seniman itu kepada CNN.

Kim menuturkan bahwa desainnya adalah tanda untuk kehidupan yang akan datang, saat kita memasuki masa depan yang terhubung dengan [augmented reality], dengan peluncuran kacamata AR dan lensa kontak AR.

"Seni, NFT, cryptocurrency ... perubahan besar dan gagasan tentang bagaimana kita akan hidup dengan aset digital menjadi kenyataan dan akan menciptakan perubahan paradigma global," tambahnya.

NFT Mars House menyertakan file 3-D dari desain rumah serta dilengkapi dengan dukungan teknis dan soundtrack ambient yang disusun oleh Jeff Schroeder dari Smashing Pumpkins.

Jika pemilik baru memutuskan untuk menjual rumah ini, mereka harus menghapus file dari metaversenya dan memberikan bukti kepada Kim.

Transaksi tersebut adalah salah satu dari beberapa penjualan NFT yang mencengangkan bulan ini.

Dua minggu lalu, Everydays — The First 5000 Days, karya artis digital Beeple dijual seharga US$69,3 juta di rumah lelang Christie's.

Awal pekan ini, tweet pertama yang diunggah oleh CEO Twitter Jack Dorsey dijual sebagai NFT seharga US$2,9 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nirmala Aninda
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro