Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki melakukan kunjungan ke sentra vaksinasi untuk Pelaku UMKM di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Kamis (01/04). /Bisnis.com-Laurensia Felise
Health

Resmi Dibuka, Pelaku UMKM DKI Jakarta Kini Bisa Lakukan Vaksinasi

Laurensia Felise
Kamis, 1 April 2021 - 14:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vaksinasi perdana untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) resmi diselenggarakan di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Kamis (1/4/2021).

Pembukaan vaksinasi bagi pelaku UMKM di DKI Jakarta dihadiri Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, serta Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Ellen Hidayat dan perwakilan dari Grup Ciputra dan Ciputra Hospital selaku penyelenggara program vaksinasi.

Menurut Teten, vaksinasi perdana untuk para pelaku UMKM ini merupakan upaya pemulihan ekonomi nasional dan merupakan bagian dari strategi pemulihan nasional. Meski ada kendala pada suplai vaksin yang akan digunakan, vaksinasi bagi pelaku UMKM sudah berjalan setelah melakukan vaksinasi pada kalangan lansia.

"Jadi, ini diharapkan nanti mulai saat ini para pelaku UMKM di berbagai daerah kita usulkan kepada Pak Menkes untuk mendapatkan prioritas vaksin," jelasnya.

Vaksinasi perdana ini berkapasitas 1.500 orang setiap harinya dan akan dibuka tidak terbatas dari kalangan pelaku UMKM saja, tetapi juga dari kalangan guru dan beberapa kalangan masyarakat tertentu.

"Jadi kita terus lakukan umumnya 3-4 bulan di satu lokasi dan akan terus berjalan," kata Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pengendalian Penduduk dan Permukiman Suharti.

Pihaknya berencana akan memperluas jangkauan UMKM yang akan menerima vaksin dan akan mengusulkan rencana ini kepada Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin. Terdekat, vaksinasi akan diselenggarakan di beberapa daerah, seperti Bandung (Jawa Barat), Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Makassar (Sulawesi Selatan).

"Target kita pelaku UMKM ada 64 juta di beberapa daerah, tapi yang paling banyak di pulau Jawa dan Sumatera. Hampir 79 persen pelaku UMKM berada di Jawa dan Sumatera. Oleh karena itu, kami sudah usulkan ke Menkes supaya tahap berikutnya itu memang UMKM," ujarnya.

DKI Jakarta sendiri memiliki 85 pusat belanja dengan jumlah karyawan sekitar 95.800 orang, 43.000 orang di antaranya merupakan pelaku UMKM. Berdasarkan catatan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, pelaku UMKM yang terdaftar untuk melakukan vaksinasi setidaknya sebanyak 265.000 orang.

Dengan dibukanya vaksinasi perdana, Teten berharap perekonomian Indonesia pada 2021 akan mulai menunjukkan adanya rebound dan bisa mengembalikan kegiatan di berbagai sektor termasuk sektor industri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Laurensia Felise
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro