Masker anak/Youtube
Health

Ini Waktu yang Tepat dan Cara Memakai Masker untuk Anak-anak

Andhika Anggoro Wening
Kamis, 1 April 2021 - 12:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 berimbas ke semua sektor termasuk dunia anak-anak. Alhasil, masa kecil anak-anak yang harusnya dipenuhi dengan bermain tidak bisa dilakukan dengan leluasa.

World Health Organization (WHO) memberikan panduan kapan dan cara memakai masker untuk anak-anak. Hal ini dimaksudkan agar-agar anak masih bisa belajar dan bermain dengan teman-temannya.

Waktu yang tepat bagi anak-anak memakai masker

1. Di tempat umum yang memungkinkan virus Corona menyebar dan tidak bisa menjaga jarak, masker menjadi langkah pertama agar anak-anak terhindar dari bahaya Covid-19.

2. Anak-anak di bawah umur 5 tahun tidak harus memakai masker kecuali dalam keadaan sakit.

3. Anak rentang umur 6-11 tahun direkomendasikan untuk memakai masker. Pastikan mereka memakai masker dengan baik dan dalam pengawasan orang tua.

4. Sedangkan anak umur 12 hingga ke atas wajib memakai masker layaknya orang dewasa ketika tidak bisa menjaga jarak kurang lebih 1 meter dengan lainnya.

Masker yang harus digunakan anak-anak

1. Anak-anak yang mempunyai masalah kesehatan seperti Cystic fibrosis atau fibrosis kistik--penyakit keturunan yang menyebabkan lendir-lendir di dalam tubuh menjadi kental dan lengket--dan kanker harus menggunakan masker medis untuk perlindungan.

2. Sedangkan anak-anak yang tidak mempunyai penyakit bawaan harus menggunakan minimal masker kain jika tidak memungkinkan menjaga jarak kurang lebih 1 meter.

Cara memakai masker untuk anak-anak

1. Sebelum memakai masker, anak-anak wajib mencuci tangan dengan air mengalir serta sabun minimal 40 detik atau hand sanitizer selama 20 detik.

2. Pastikan masker menutupi hidung, mulut dan dagu dengan baik dan benar. Pastikan anak-anak tidak saling bertukar masker dengan temannya.

3. Setelah memakai, taruh masker di tempat khusus kemudian mencuci tangan atau gunakan hand sanitizer.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro