Ilustrasi tumor otak/Istimewa
Health

Kenali Jenis Tumor Otak dan Penyebabnya

Newswire
Sabtu, 3 April 2021 - 11:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tumor otak berdasarkan penyebabnya terbagi menjadi primer dan sekunder.

Secara primer, tumor otak dapat muncul akibat pertumbuhan sel abnormal pada otak itu sendiri. Secara sekunder tumor dapat disebabkan oleh penyebaran kanker dari organ tubuh lainnya.

Pada jenis primer tumor otak, sel atau jaringan abnormal bisa berasal dari sel glia, meninges, kelenjar pituitari, kelenjar pineal, atau sel dan jaringan lainnya.

Sementara, pada jenis sekunder atau metastatis, sel tumor bisa berasal dari bagian tubuh lainnya, seperti payudara, usus besar, paru-paru, ginjal, dan kulit.

Namun, diketahui ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit ini. Walaupun seseorang yang terkena tumor pun bisa saja memiliki faktor risiko yang tidak diketahui.

Pertambahan usia menjadi salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko penyakit ini, mengingat penyakit ini lebih sering ditemukan pada orangtua, meskipun segala usia juga bisa mengalaminya.

Kemudian, seseorang yang pernah terkena radiasi ionisasi, seperti terapi radiasi untuk mengatasi kanker atau radiasi dari bom atom, dirinya memiliki risiko yang lebih tinggi terkena penyakit ini.

Lalu, penyakit ini juga terjadi karena faktor keturunan.

Sebagian kecil penyakit tumor ini terjadi pada seseorang yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit sama atau kelainan genetik tertentu.

Walaupun penyebab dari penyakit tumor otak ini belum diketahui, kita bisa menurunkan risiko penyakit ini dengan menghindari berbagai faktor risiko yang mungkin bisa menyebabkannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro