Almond/Istimewa
Health

4 Manfaat Susu Almond, Salah Satunya untuk Jantung

Newswire
Minggu, 4 April 2021 - 03:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Susu almond sudah menjadi tren gaya hidup masyarakat saat ini. Susu almond bisa mengganti susu sapi yang biasa kita konsumsi sehari-hari.

Mengutip Tempo.co, Jika kita tidak menyukai susu sapi atau sensitif sapi, maka susu almond bisa menjadi susu alternatif yang baik buat kesehatan tubuh.

Susu almond dianggap sebagai pilihan yang jelas untuk orang-orang yang memiliki alergi laktosa. Selain itu, "Kandungan kalori susu almond 50 persen lebih rendah dibandingkan susu sapi," kata Kristin Kirkpatrick, ahli diet dan manajer layanan nutrisi kesehatan di Cleveland Clinic’s Wellness Institute.

“Susu almond memiliki manfaat bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan, karena ia bukan produk hewani, ia tidak memiliki kolesterol,” ujarnya.

Berikut ini beberapa manfaat susu almond bagi tubuh kita:

1. Untuk mencegah risiko penyakit jantung

Beberapa jenis antioksidan terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Satu di antaranya adalah vitamin E dan asam lemak baik. Susu almond kaya vitamin E dan asam lemak baik, terutama asam oleat (omega-9).

Vitamin E berfungsi untuk menangkal radikal bebas di dalam pembuluh darah sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Menjaga berat badan tetap ideal

Susu almond mengandung kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan susu sapi. Anda dapat mengonsumsi susu almond dalam jumlah banyak tanpa risiko penambahan berat badan yang signifikan.

Produsen biasanya mengencerkan susu almond kemasan dengan air. Karena itu, kandungan lemaknya hanya sekitar satu persen, mirip susu rendah lemak.

3. Memperkuat tulang

Satu gelas susu almond dapat memenuhi sekitar 50 persen kebutuhan kalsium harian dan 25 persen kebutuhan vitamin D harian. Vitamin D dan kalsium merupakan zat yang penting untuk kesehatan tulang.

Sebagian kelompok orang dewasa mengalami kekurangan kalsium dan vitamin D. Alhasil, banyak dari mereka yang menderita kondisi pengeroposan tulang (osteoporosis) sejak dini

4.Kaya nutrisi

Meski nutrisinya tidak sebanyak susu sapi, susu almond tetap menyimpan berbagai nutrien penting, antara lain vitamin D, kalsium, protein, vitamin E, dan berbagai mineral.

Harus diingat, susu almond tidak dapat menjadi pengganti susu untuk bayi dan anak-anak. Sebab, susu almond tidak mengandung beberapa kandungan yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Hafiyyan
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro