Salah satu adegan di drakor Vincenzo
Entertainment

Netizen Heboh, Ciledug dan Ciputat Ada di Drakor Vincenzo

Newswire
Minggu, 4 April 2021 - 16:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penonton Netflix dihebohkan dengan dua nama wilayah Banten masuk di serial drama Korea Vincenzo episode 13.

Alasannya, di serial itu, nama Ciputat, Tangerang Selatan dan Ciledug, Tangerang muncul dalam teks terjemahan dalam dialog Lee Chul Wook, seorang pesilat yang menyamar sebagai anggota Geng Gerombolan Pedang Ganda bertemu dengan Ketua Serikat Buruh Babel yang baru. 

Dalam dialog itu, ketua serikat buruh ini masuk jebakan Chul Wook untuk melakukan gerakan tos-tosan.

"Saat melakukan beatbox, kau hanya perlu katakan dua hal," jawab Chul Wook ketika ditanya ketua serikat buruh itu maksud kedatangannya ke kantor Babel. "Apa," tanya ketua serikat buruh itu bertanya. "Ciputat, Ciledug," jawab Chul Wook lagi. Keduanya akhirnya mengucapkan dua kata itu sambil berulang kali sambil menari yang diakhiri dengan tindakan Chul Wook membenturkan kepalanya ke kepala ketua serikat buruh itu dengan keras agar pingsan. 

Sebenarnya, dalam dialog aslinya, bukan Ciputat Ciledug yang diucapkan, tapi bukchigi bakchigi. Tapi dalam terjemahan Bahasa Indonesia resmi di Netflix, dua kata itu diartikan menjadi Ciputat Ciledug.  

Terjemahan kata Ciputat Ciledug ini menarik perhatian netizen Indonesia yang menonton drakor yang dibintangi Song Joong Ki itu di Netflix.

"Go international Ciputat - Ciledug nyasar di sub #VincenzoEp13. Kenapa bisa begini sih," cuit @infodrakor_id pada Ahad pagi, 4 April 2021.  "Ciputat Ciledug ini gimana yah #VincenzoEp13,"  cuit loventbeloved pada Sabtu, 3 April 2021. "Gua ngakak kenceng di bagian ini #VincenzoEp13," tulis @elysian_01. 

Netizen senang penerjemah drakor Vincenzo ke dalam Bahasa Indonesia, Deaz Putri, menerjemahkan bukchigi bakchigi menjadi Ciputat Ciledug. "Translatornya pengen Ciputat Ciledug go inter kali ini, Kak," cuit @babybearss. Mereka menduga Deaz adalah orang Tangerang Selatan. Mereka menduga penerjemah drama Vincenzo ke dalam Bahasa Indonesia ini memang warga Tangerang Selatan. "Kak Deaz Putri bisa kepikiran Ciputat Ciledug tuh pasti orang Tangsel ya," cuit @loventobeloved. 

Ini bukan pertama kalinya, rasa lokal Indonesia yang lain juga terasa di drama Korea Vincenzo ini. Sebelumnya, drama bergenre dark comedy ini juga bikin geger netizen Indonesia lantaran disponsori oleh permen Kopiko. Nama Kopiko nongol di salah satu iklan drama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro