Alpukat/boldsky.com
Health

9 Makanan Pantang Dimakan saat Sangat Lapar

Nancy Junita
Senin, 5 April 2021 - 08:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anda melewatkan sarapan, dan perut Anda keroncongan menjelang makan siang, maka yang ada di pikiran adalah makanan. Makan terlalu sedikit atau melewatkan waktu makan bisa membuat kita makan berlebihan.

Saat tubuh sedang kelaparan, kita cenderung makan apa saja tanpa memikirkan efeknya untuk kesehatan. Misalnya, menikmati camilan berkalori tinggi, dan seringkali menyebabkan muntah, mual dan diare. Bahkan, dalam beberapa kasus, keracunan makanan.

Hal ini terjadi, karena saluran gastrointestinal (GI) Anda bisa menjadi lebih sensitif terhadap jenis makanan tertentu jika Anda sudah lama kehabisan tenaga.

Namun, itu tidak berarti bahwa semua makanan buruk ketika Anda sangat lapar. Berikut makanan yang disarankan tidak dikonsumsi saat kelaparan yang dikutip dari ww.boldsky.com:

1. Alpukat

Buah alpukat sarat berbagai nutrisi. Buah berwarna hijau ini membantu menurunkan kadar kolesterol, mengatur gula darah, melindungi mata, meningkatkan kesuburan, meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan kesehatan pencernaan dan dapat membantu mencegah timbulnya penyakit. osteoartritis.

Tetapi, makan alpukat dengan perut kosong, terutama saat belum makan sebelumnya, tidak baik untuk. Kandungan lemak dalam alpukat dicerna dengan sangat lambat dan dapat memicu refluks pada beberapa orang.

2. Sayuran mentah

Sayuran secara alami bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Meski begitu, sayuran mentah saat perut kosong adalah sesuatu yang harus Anda hindari, karena dapat membuat Anda merasa terlalu kenyang dan bahkan dapat menyebabkan penurunan gula darah di kemudian hari.

Sayuran berserat bisa menjadi sulit dicerna, menyebabkan gas, serta kembung.

3. Buah

 Meskipun makan satu pisang atau apel mungkin baik-baik saja saat perut kosong, makan buah dalam porsi besar (gula sederhana) akan menyebabkan glukosa darah naik tiba-tiba, dan kemudian membuat Anda merasa lelah dan lapar lagi dalam 30-60 menit. Keasaman dalam buah-buahan juga bisa menyebabkan naiknya asam lambung.

4. Makanan berenergi

Makanan mengandung energi atau sumber kalori dapat memberi Anda energy, tetapi tidak saat memakannya dalam keadaan perut kosong.

Makanan yang biasa diklaim sumber energi sehat itu bisa menjadi berat saat perut kosong, menyebabkan gas dan ketidaknyamanan saat tubuh mencoba mencerna makanan.

5. Protein shakes

Sebagian besar protein shake mengandung whey, yang bila dikonsumsi saat perut kosong dapat menyebabkan efek samping seperti kembung, kram dan diare.

6. Daging merah

Daging merah kaya protein, artinya butuh banyak waktu bagi tubuh kita untuk mencernanya. Makan daging merah saat perut kosong akan menyebabkan tubuh bekerja ekstra (memecah protein), mengakibatkan perut tertekan, serta perasaan kenyang yang berlebihan.

7. Kopi

Minum kopi saat perut kosong pada pagi hari dapat menyebabkan tubuh Anda melepaskan asam klorida ke dalam sistem pencernaan , meningkatkan keasaman, dan mengakibatkan masalah pencernaan.

8. Keripik

Tidak mengherankan jika keripik termasuk dalam daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong, baik itu dipanggang atau digoreng, pasalnya garam dalam keripik tidak baik untuk pencernaan saat perut sudah lama tidak diisi.

9. Permen karet

Ada kesalahpahaman umum bahwa mengunyah permen karet dapat membuat Anda merasa kenyang atau membantu mengalihkan pikiran dari makan.

Saat Anda mengunyah permen karet ketika perut kosong, hal itu menyebabkan produksi getah lambung dan dengan demikian menyebabkan sakit perut dan mual.

Jadi, saat Anda melewatkan waktu makan dan makan setelah jeda waktu, ingatlah untuk membuat perut dan saluran pencernaan ‘santai’. Makanlah beberapa makanan yang mengandung kacang-kacangan dan sesuatu yang manis, pisang atau kurma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro