Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit beroperasi setiap hari kerja, Senin - Jumat (kecuali hari libur) dari jam 08.00 - 16.00 dengan jatah kuota 500 vaksin per hari.  /ANTARA
Health

Mengapa Orang yang Sudah Vaksinasi Masih Bisa Tularkan Virus Corona?

Newswire
Senin, 5 April 2021 - 09:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bisakah orang yang sudah vaksinasi Covid-19 menularkan Virus Corona?

Mungkin saja. Para pakar menyatakan risikonya memang rendah, tapi mereka masih meneliti seberapa ampuh vaksinasi memutus penyebaran virus meskipun vaksin Covid-19 yang sekarang digunakan dinilai efektif mencegah orang mengalami gejala parah.

Meski orang yang sudah divaksinasi tak menunjukkan tanda sakit, mereka mungkin terinfeksi tanpa menunjukkan gejala. Pakar juga berpendapat vaksin akan membatasi orang menyebarkan virus.

"Orang yang sudah vaksinasi mengontrol virus dengan lebih baik, jadi peluang untuk menularkan lebih kecil," kata pakar virus Dr. Robert Gallo dari Sekolah Kedokteran Universitas Maryland, dikutip dari Fox News.

Buktinya, peneliti menemukan orang yang tertular Virus Corona, meski sudah vaksinasi Covid-19 hanya memiliki sedikit virus di hidung dibanding yang tidak divaksinasi, sehingga virus sulit menyebar.

Dengan adanya varian baru yang lebih berbahaya, orang yang sudah divaksinasi tetap diimbau terus menggunakan masker dan menjaga jarak di tempat umum dan bertemu orang yang belum divaksinasi dan memiliki risiko tinggi sakit parah bila tertular.

"Kita tetap harus waspada. Vaksin memang penting, tapi bukan cara untuk mengakhiri pandemi dalam sekejap," ujar Gallo.

Berbagai faktor lain juga bisa mempengaruhi kemungkinan orang yang sudah vaksinasi Covid-19 untuk menyebarkan virus, termasuk jumlah penduduk yang sudah divaksin di lingkungannya dan apakah kasus lokal masih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro