Tampilan Stage Channels di Discord/Dokumentasi Discord
Fashion

Obrolan Suara Sedang Tren, Kini Giliran Discord Rilis Stage Channels

Laurensia Felise
Senin, 5 April 2021 - 12:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Discord menjadi perusahaan terbaru yang merilis aplikasi berkonsep obrolan suara seperti Clubhouse. Dengan nama Stage Channels, fitur baru ini kini telah hadir di seluruh platform tempat tersedianya Discord yakni Windows, macOS, Linux, iOS, Android, dan situs internet.

The Verge melaporkan, Senin (05/04), fitur Stage Channels dari Discord didesain berbeda dari saluran berbasis suara di aplikasi ini pada umumnya yang mengizinkan seluruh pengguna bisa bebas berbicara. Pembedanya ada pada desainnya yang mengizinkan orang-orang tertentu untuk berbicara dalam sekelompok pendengar.

Adanya perbedaan ini membuat Stage Channels bisa digunakan untuk berbagai acara yang lebih terstruktur, misalnya balai kota komunitas (community town halls). Akan tetapi, kelemahannya ada pada penyelenggara sesi Stage Channels yang terbatas pada pengguna di server Community karena ketersediaan beberapa alat manajemen komunitas yang lebih kuat dibanding dengan server yang biasa digunakan di Discord.

Kehadiran Stage Channels menjadikan Discord sebagai aplikasi pertama yang menawarkan cara mudah untuk menyelenggarakan maupun mendengarkan obrolan berbasis suara di berbagai platform, di tengah keterbatasan aplikasi atau fitur obrolan berbasis suara yang sudah ada maupun persaingan dengan pengembang lain yang sedang merancang aplikasi serupa.

Sebelumnya, obrolan berbasis suara populer karena kemunculan Clubhouse yang kini sedang merancang aplikasi versi Android. Begitu pula dengan Spaces di Twitter yang masih memiliki keterbatasan penyelenggaraan sesi obrolan.

Sedangkan di sisi lain, beberapa pengembang seperti LinkedIn, Slack, Spotify, dan Facebook masih merancang aplikasi berbasis suara dalam platform mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro