Kopi memiliki manfaat bagi kesehatan  tubuh/Arah Kopi
Health

10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Hanafi Nurmahdi
Kamis, 8 April 2021 - 10:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki kecenderungan risiko terkena penyakit lebih rendah dibanding orang lain. Karena kopi memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi yang membuat kopi menjadi minuman yang baik untuk kesehatan.

Sebagai salah satu minuman paling digemari di seluruh dunia, ternyata kopi memiliki banyak manfaatnya. Faktor penentu secangkir kopi memiliki manfaat bisa ditinjau dari racikannya hingga waktu yang tepat untuk dikonsumsi.

Berikut manfaat dari minum kopi untuk kesehatan:

1. Dapat Meningkatkan Kecerdasan

Kafein dalam kopi dapat meningkatkan suasana hati, tingkatan energi, waktu reaksi, dan fungsi mental. Karena peningkatan kerja otak yang dihasilkan dari kandungan dalam kafein tersebut.

2. Membantu Membakar Lemak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme tubuh bekerja lebih dari 3 persen. Namun, kita tidak bisa menurunkan lemak hanya dengan minum kopi, karena efeknya menurun dalam jangka panjang.

3. Meningkatkan Adrenalin Dalam Tubuh

Dengan cara menstimulasi kafein pada sistem saraf, kemudian memberi sinyal pada sel-sel lemak untuk memecah lemak dalam tubuh yang nantinya akan mendorong fisik untuk bekerja lebih secara intens.

manfaat minum kopi
manfaat minum kopi

4. Mengandung Banyak Nutrisi

Menurut penelitian, dalam secangkir kopi terkandung nutrisi:

  •   Riboflavin (vitamin B2): 11%
  •   Asam pantotenat (vitamin B5): 6%
  •   Mangan dan kalium: 3%
  •   Magnesium dan niasin (vitamin B3): 2%

5. Menurunkan Risiko Diabetes

Penelitian menunjukkan, setiap cangkir kopi yang diminum setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 sekitar 7 persen.

6. Melindungi Dari Penyakit Kanker

Kanker hati dan kanker kolorektal menempati urutan ketiga dan keempat secara berurutan sebagai penyebab kematian akibat kanker di dunia. Kopi bisa mengurangi risiko terkena penyakit ini, sebuah studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki kurang dari 40 persen untuk terkena kanker hati.

manfaat kopi bagi kesehatan tubuh
manfaat kopi bagi kesehatan tubuh

7. Mencegah Risiko Penyakit Parkinson

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko terkena penyakit parkinson lebih rendah 32 persen.

8. Mencegah Depresi

Dilakukan penelitian pada 208.424 orang untuk menemukan bahwa orang yang minum kopi 4 cangkir atau lebih per harinya memiliki kecenderungan 53 persen lebih rendah mengalami depresi.

9. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Penelitian menunjukkan bukti bahwa kopi dengan kafein dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke 20 lebih rendah.

10. Bisa Membuat Panjang Umur

Karena kopi memiliki manfaat untuk melindungi dan mengurangi risiko terkena penyakit, maka tidak heran manfaat ini bisa dimiliki bagi peminum kopi. Dengan banyaknya manfaat tersebut, peminum kopi baik pria maupun wanita memiliki risiko penurunan kematian dalam sebuah studi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro