Tampilan aplikasi Facebook di smartphone. /Bloomberg
Entertainment

Data Facebook Kembali Bocor, Ini Cara Mengetahui Akun Anda Dibobol

Laurensia Felise
Kamis, 8 April 2021 - 10:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pekan ini, pengguna Facebook dihebohkan dengan kabar kebocoran data lebih dari 530 juta pengguna. Data-data ini meliputi nama lengkap, tanggal lahir, nomor telepon, dan lokasi mereka.

Dikutip dari CNN, pihak Facebook mengonfirmasi kebocoran ini telah terjadi sejak 2019 yang sebenarnya telah diperbaiki. Tetapi, kebocoran ini telah berdampak pada lebih dari 30 juta data pengguna di Amerika Serikat dan sulit untuk mengetahui apakah ada data pengguna yang masuk di dalamnya.

Salah satu cara tercepat untuk mengetahui apakah data pengguna telah dibocorkan atau tidak adalah dengan melakukan pengecekan alamat email pada situs pihak ketiga haveibeenpwned.com. Pengecekan email ini dinilai cukup efektif mengingat setidaknya terdapat 2,5 juta data email yang dicuri di antara ratusan juta akun Facebook yang bocor.

Data Facebook Kembali Bocor, Ini Cara Mengetahui Akun Anda Dibobol

Menurut ahli keamanan data dan pembuat situs HaveIBeenPwned, Troy Hunt, ia sedang mempertimbangkan untuk menambahkan opsi pengecekan kebocoran melalui data nomor telepon.

"Nilai utama dari data adalah adanya keterkaitan antara nomor telepon dan identitas. Ketika setiap data yang direkam memasukkan nomor telepon, hanya 2,5 juta di antaranya yang memasukkan alamat email," tulis Hunt dalam situsnya.

Meski data ini berasal dari data pada 2019, tapi semuanya bisa menjadi bermanfaat bagi para peretas dan pelaku kriminal siber yang berkaitan dengan pencurian identitas.

Pihak Facebook belum memberikan keterangan apakah pihaknya akan membuat sebuah solusi untuk mengetahui apakah informasi yang dimilikinya telah bocor.

Kebocoran data Facebook kali ini bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya tercatat bahwa platform milik Mark Zuckerberg ini telah mengalami kebocoran data pada 2018.

Kebocoran data lainnya juga pernah dialami Facebook pada 2019 di mana setidaknya 267 juta data pengguna Facebook yang terdiri dari nama, ID, dan nomor ponsel bocor di internet.

Hal ini sempat ditindak oleh Komisi Perdagangan Federal (FTC) Amerika Serikat yang memberikan denda kepada raksasa sosial media tersebut dengan nominal US$5 miliar akibat kelalaian Facebook dalam mengelola data pribadi penggunanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Laurensia Felise
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro