Telur rebus/Istimewa
Health

Alasan Sarapan Telur Rebus Menyehatkan, Nutrisi Lengkap hingga Turunkan Berat Badan

Newswire
Sabtu, 10 April 2021 - 06:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selain murah dan mudah dalam memasaknya, sarapan menyantap telur rebus dinilai sangat cocok menjadi menu sehat karena kandungan nutrisi pada telur rebus cukup lengkap. 

Dilansir dari Tempo.co pada Sabtu (10/4/2021), berdasarkan situs Healthline, telur rebus bisa jadi sumber protein rendah kalori. Sebutir telur hanya mengandung 78 kalori. Kebutuhan asam amino dalam tubuh juga bisa dipenuhi dengan sebutir telur.

Keutamaan sarapan dengan telur rebus lainnya bisa menurunkan berat badan hingga 65 persen kurun waktu delapan minggu. 

Banyak studi menunjukkan bahwa mengonsumsi telur rebus cenderung menunda rasa lapar lebih lama karena kandungan protein dan lemak bisa jaga energi tetap stabil sehingga terasa kenyang lebih lama.

Sebuah studi membandingkan pola menu sarapan yang baik untuk diet. Pilihan menunya ada roti panggang, sereal dengan susu dan roti panggang, croissant dan jus.

Terbukti, sarapan telur bisa membuat lebih awet kenyang dan mengurangi keinginan untuk ngemil dibanding ketiga pola makan di atas. Apalagi jika dibandingkan dengan makan nasi goreng yang tinggi kalori.

Ada baiknya jika mengonsumsi telur rebus dikombinasikan dengan sayuran. Untuk memenuhi nutrisi lainnya. Baik serta, mineral maupun vitamin lainnya.

Khusus penderita kondisi medis tertentu, seperti kolesterol tinggi, diabetes, dan penyakit kardiovaskular perlu konsultasi dengan dokter jika ingin mengonsumsi telur secara rutin. 

Kuning telur mengandung kolestrol yang bisa mempengaruhi kadar kolestrol dalam tubuh. Jika punya riwayat penyakit tersebut, saat sarapan, sebaiknya jangan konsumsi bagian kuning telur rebus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro