Clubhouse merupakan aplikasi yang membiarkan penyelenggara mengadakan sebuah ruang obrolan layaknya siaran radio daring. /Bloomberg
Fashion

CEO Clubhouse: Tidak Ada Data Pengguna Kami yang Bocor!

Rezha Hadyan
Senin, 12 April 2021 - 12:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Clubhouse akhirnya angkat bicara terkait dengan munculnya laporan yang mengklaim data pengguna telah bocor.

Mengutip The Verge pada Senin (12/4/2021), CEO Clubhouse Paul Davison mengatakan Minggu bahwa sebuah laporan yang mengklaim bahwa data pribadi pengguna telah bocor adalah palsu. Seperti diketahui, sebelumnya dilaporkan oleh CyberNews database SQL milik platform media sosial berbasis suara itu bocor dan tersebar di forum peretas daring.

Adapun, data pengguna yang bocor meliputi ID pengguna, nama, nama pengguna, akun Twitter dan Instagram, serta jumlah pengikut yang diposting ke forum peretas online. Informasi sensitif pengguna seperti nomor kartu kredit termasuk di antara info yang bocor.

Clubhouse tidak segera membalas permintaan untuk informasi lebih lanjut dari The Verge pada Minggu (11/4/2021). Namun, Davison mengatakan dalam menanggapi pertanyaan bahwa platform tersebut tidak mengalami pelanggaran data.

“Tidak, ini menyesatkan dan palsu, ini adalah artikel clickbait, kami tidak diretas. Data yang dirujuk adalah semua informasi profil publik dari aplikasi kami. Jadi jawabannya adalah tidak yang pasti,” katanya.

Minggu lalu, Cyber News melaporkan bahwa data pribadi 500 juta pengguna LinkedIn telah dikikis dan diposting secara online. Perusahaan milik Microsoft mengatakan bahwa tidak ada data akun anggota pribadi dari LinkedIn yang termasuk dalam kebocoran tersebut.

Berita itu datang hanya beberapa hari setelah diketahui bahwa data pribadi sekitar 533 juta pengguna Facebook bocor secara online secara gratis. Bocoran Facebook dilaporkan termasuk nomor telepon pengguna, tanggal lahir, lokasi, alamat email, dan nama lengkap.

Clubhouse memiliki monster tahun pertama — meskipun hanya untuk undangan dan hanya tersedia di perangkat iOS — dilihat lebih dari 10 juta unduhan. Twitter, LinkedIn, Discord, Spotify, dan Slack semuanya telah diluncurkan atau sedang bekerja pada platform audio sosial yang bersaing, dan Facebook dilaporkan juga sedang mengerjakannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro