Sikat gigi usai berbuka puasa agar tidak membuat puasa batal./Imgbuddy
Health

Tips Menggosok Gigi Tanpa Batal Selama Bulan Puasa

Novita Sari Simamora
Selasa, 13 April 2021 - 20:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tetaplah jaga kesegaran mulut selama  bulan puasa dengan menggosok gigi, tanpa membatalkan puasa.

Mengutip dari laman Pepsodent, Selasa (13/4/2021), ada  beberapa  cara untuk merawat gigi dan mulut selama bulan puasa. Berikut beberapa tips menggosok gigi selama bulan puasa:

1. Tetap menggosok gigi dengan rutin

Bulan puasa atau bukan, Anda dianjurkan menggosok gigi minimal dua kali sehari selama minimal 2 menit. Pada bulan puasa, Anda tetap bisa menggosok gigi dua kali sehari.

Sikatlah gigi sehabis sahur dan sesudah berbuka puasa atau sebelum tidur. Gunakan pasta gigi dengan fluoride untuk melindungi gigi dari kerusakan.

2. Bersihkan rongga mulut dengan seksam

Selain menyikat gigi, tertiblah membersihkan rongga mulut Anda dengan cara menyikat lidah, menggunakan benang gigi, dan jika perlu menggunakan mouthwash.

Menyikat lidah dan menggunakan benang gigi membantu menghilangkan sisa-sisa makanan pengundang bakteri, supaya mulut tidak bau ketika puasa. Mouthwash tanpa alkohol bisa digunakan untuk memberikan kesegaran napas yang lebih tahan lama.

3. Praktikkan diet sehat seimbang

Pada bulan puasa, menjalankan pola makan yang seimbang menjadi lebih penting untuk menghindari masalah pencernaan dan masalah gigi dan mulut. Hindari makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi- sisa gula yang menempel pada gigi bisa menyebabkan penumpukan plak dan pembentukan karang gigi.

Perbanyak makan buah dan sayur-kandungan vitaminnya membantu mencegah masalah gigi dan mulut seperti sariawan dan mulut kering. Buah dan sayuran berserat tinggi juga memiliki kemampuan self-cleansing ketika dikunyah, yang ikut membantu membersihkan gigi dari plak.

4. Perbanyak minum air putih

Air putih yang kita minum berfungsi untuk merangsang produksi air liur yang menetralisir keasaman mulut kita. Meskipun sedang berpuasa, ingatlah untuk mengonsumsi 2 liter air putih sehari setelah buka puasa dan sebelum imsak.

5. Hindari makanan-makanan tertentu

Selain makanan dengan kadar gula tinggi, hindari pula makanan penyebab bau mulut seperti jengkol, petai, atau durian. Makanan yang mengandung terlalu banyak bawang juga dapat menyebabkan aroma mulut yang tak sedap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro