Pilihlah makanan yang sehat dan bergizi saat sedang sahur dan puasa./ilustrasi
Health

Apa yang Harus Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa dan Sahur?

Hanafi Nurmahdi
Rabu, 14 April 2021 - 15:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Melakukan aktivitas seperti biasanya saat berpuasa sangat dibatasi oleh kemampuan tubuh untuk bisa melakukannya. Karena kita tidak mendapat asupan yang cukup untuk melanjutkan pekerjaan saat siang hingga sore hari.

Maka dari itu, untuk mengurangi efek kelelahan dan dehidrasi kita dianjurkan untuk konsumsi air putih setidaknya 1,5 sampai 2 liter per harinya.

Lebih lanjut, para dokter mengatakan mengonsumsi makanan saat berbuka dan sahur setidaknya mengandung tiga hal, yaitu probiotik, prebiotik, dan sinbiotik (eubiotik).

Pada saat sahur sebaiknya memilih makanan dengan mengandung 3 unsur diatas dan memperhatikan jenis pengolahannya, hindari konsumsi minuman yang berpengaruh pada sering kencing (efek diuretic) seperti teh dan kopi.

Makan-makanan dan minuman yang mengandung probiotik seperti yogurt, kimchi, serta susu fermentasi. Kemudian kandungan prebiotik, seperti gandum, pisang, buah-buahan beri, asparagus, bawang merah, dan bawang putih. Serta makanan yang mengandung sinbiotik yaitu kombinasi keduanya antara probiotik dan prebiotik.

Porsi yang dianjurkan dalam sebuah piring sebagai langkah hidup sehat ialah, harus seimbangkan makanan pokok dan sayuran. Porsi lauk dan buah-buahan harus kurang dari makanan pokok dan sayuran.

Saat berbuka dianjurkan dengan yang manis namun jangan berlebihan, dapat pilih manis dari buah–buahan atau apabila minuman manis upayakan gunakan pemanis maksimal 1sendok makan pergelas.

Untuk hidup yang lebih sehat saat berpuasa, tetap jaga imunitas tubuh dengan makan-makanan bergizi dan secukupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro