Enam kemeja pria dalam nuansa warna earthy, menampilkan beragam jenis batik dengan arti masing-masing yang bernuansa optimistis. /Uniqlo
Fashion

Uniqlo Gandeng Bai Soemarlono Luncurkan Batik Modern Aksesibel

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 15 April 2021 - 20:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Label fesyen asal Jepang Uniqlo berkerja sama dengan designer Indonesia Bai Soemarlono melahirkan koleksi batik modern yang cocok untuk Lebaran.

Diberi nama Uniqlo Batik Motif 2021 Spring/Summer Collection, koleksi terbaru tersebut ingin menggeser stigma batik dari pakaian formal ke arah aksesibel dan versatile.

Pada proses pengembangan dan produksinya dilakukan di Indonesia. Melalui pendekatan modern, desainnya menampilkan bentangan heritage Indonesia pada setiap potongan yang menarik inspirasi dari kondisi dunia saat ini, yang berkenaan dengan energi positif dan kesehatan, baik mental juga fisik yang kian vital.

Koleksi batik motif pria dan wanita ini telah tersedia di toko Uniqlo sejak 12 April lalu dan dihadirkan di Malaysia. Di balik setiap motif batik yang dihadirkan memiliki arti inspiratif dan universal. Dan itu semua ditampilkan pada sederet kemeja pria dan blus wanita.

“Semua motif batik dipilih dan dirancang dengan makna serta nilai semangat yang positif, karena koleksi ini juga diluncurkan dengan pandangan ke depan pascapandemi,” jelas Bai Soemarlono designer sekaligus co-founder dari Populo Batik dan ohmmbybai pada keterangan resmi yang diterima bisnis, Kamis(15/4/21)

Selain itu, pihaknya ingin semua motif batik pada koleksi ini dapat digunakan diberbagai aktivitas sehari-hari, seperti untuk bekerja di kantor, work from home, bahkan untuk sekedar grocery shopping di sekitar lingkungan rumah.

Enam kemeja pria dalam nuansa warna earthy, menampilkan beragam jenis batik dengan arti masing-masing yang bernuansa optimistis. Seperti salah satunya motif Tales atau Taro, yaitu motif batik berbentuk tanaman bernutrisi dengan daun lebar yang menyerupai bentuk hati dan mengartikan hope, renewal, dan revival, yang juga adalah simbol dari cinta.

Terdapat juga motif Swastika yang dalam bahasa Sansekerta berartikan kesejahteraan yang kondusif dan oleh Hinduisme, disimbolkan sebagai kemakmuran, keberuntungan yang baik, keilahian, dan spiritualitas.

Diikuti kehadiran dari motif Parang, motif Kubus, motif Sisik Ikan, dan motif Bunga Lotus, dengan berbagai macam pesan yang kaya akan kebijaksanaan.

Keseluruhan motif yang dirangkai dalam ukuran mikro, menjadi pangkal dari pesona three-dimensional yang utuh dan menyerukan sebuah gaya yang baru dalam berbatik.

Lalu pada lini wanita, Bai Soemarlono mendedikasikan motif batik Kawung bagi tiga blus berpotongan longgar dengan bentuk tangan bervolume, serta penggunaan tiga variasi warna oranye, biru, dan krem.

Motif Kawung melambangkan alam semesta dan digunakan sebagai pola milik raja yang kemudian dijadikan kiasan dari keadilan dan kebijaksanaan di balik makna dari kekuasaan.

Baik untuk koleksi wanita ataupun pria dibanderol dengan harga Rp299.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro