Ilustrasi puasa/sfidn
Health

Kiat Agar Imunitas Tubuh Lebih Kuat Saat Puasa

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 18 April 2021 - 14:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pandemi COVID-19, terdapat kekhawatiran saat menjalankan ibadah puasa.

Masyarakat khawatir apakah puasa dapat meningkatkan kerentanan mereka terhadap penyakit pernapasan. Namun, itu tidak sepenuhnya benar.

Puasa dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Manfaat puasa adalah dapat membantu mengontrol tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, hipertensi, obesitas, peradangan pada tubuh, menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan metabolisme.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa juga baik untuk kesehatan mental. Dapat mengurangi depresi, kecemasan, dan risiko demensia. Lantas, bagaimana caranya agar Anda bisa berpuasa dengan cara yang aman, yakni bagaimana cara memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat saat berpuasa di bulan Ramadhan?

Sistem kekebalan tubuh kita bertanggung jawab untuk melindungi kita dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan racun.

Sistem kekebalan yang berfungsi dengan baik membantu menghilangkan benda asing dan sel ganas dari sistem. Ini membantu mengatur respons kekebalan terhadap pemicu eksternal yang tidak berbahaya seperti makanan atau jaringan tubuh. Individu yang memiliki penyakit yang sudah ada sebelumnya seperti diabetes, hipertensi, penyakit kardiovaskular, dan masalah pernapasan berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi COVID-19 karena kondisi tersebut memengaruhi sistem kekebalan tubuh dengan membuatnya lemah dan meningkatkan kemungkinan tertular penyakit seperti COVID. -19.

Dan sekarang, untuk tahun kedua berturut-turut, umat Islam di seluruh dunia merayakan bulan suci Ramadhan di tengah pandemi COVID-19. Puasa selama bulan suci memberi Anda kesempatan untuk membersihkan tubuh dan membuang semua racun.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kebanyakan orang ragu apakah akan berpuasa selama masa COVID atau tidak. Jangan khawatir, karena dokter mengatakan bahwa berpuasa selama masa COVID-19 sepenuhnya aman jika Anda melakukannya dengan cara yang benar.

Berikut beberapa tips penting yang perlu diperhatikan saat berpuasa di bulan Ramadan ini.

1. Jangan melewatkan sahur

Pastikan Anda bangun di pagi hari untuk sahur (sahur adalah makanan yang dikonsumsi pagi hari oleh umat Islam sebelum puasa (sawm), sebelum fajar). Makan dua kali selama bulan puasa memungkinkan sistem kekebalan menjadi lebih aktif karena ini memungkinkan tubuh Anda untuk memfokuskan energinya satu per satu, meningkatkan pencernaan yang lebih baik juga.

Tidur nyenyak akan berdampak negatif pada sistem kekebalan Anda karena tubuh Anda akan stres karena kelaparan yang berkepanjangan.

2. Hindari gorengan

Tidak semua gorengan tidak sehat, tetapi mengonsumsi gorengan selama musim puasa dapat memengaruhi kesehatan usus dan jantung . Selama puasa, hindari makan keripik kentang goreng, dan jenis gorengan lainnya.

3. Tingkatkan asupan cairan

Tingkatkan asupan cairan Anda dengan memasukkan berbagai jenis minuman ke dalam makanan Anda. Anda dapat memulai hari Anda dengan minuman detoks dan terus meminumnya sepanjang hari. Air kelapa, jus lemon, jus mint, teh hijau adalah beberapa pilihan bagus lainnya. Pertahankan asupan air putih 2 liter atau setara dengan 8-9 gelas sehari.

Berikut tips penting yang perlu diperhatikan saat berpuasa Ramadhan

1. Di pagi hari (waktu sahur), makanlah karbohidrat kompleks dan serat yang butuh waktu lama untuk dicerna karena akan membantu Anda merasa kenyang sepanjang hari. Makan makanan seperti nasi merah, kentang, roti gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, oat, dan ubi.

2. Batasi konsumsi gula hingga tidak lebih dari empat sendok makan karena dapat memengaruhi kemampuan sel kekebalan untuk melawan infeksi.

3. Hindari mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak trans tinggi (makanan yang dipanggang, kue, kentang goreng, donat, dll.).

4. Kurangi makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti makanan atau minuman yang terlalu manis.

5. Konsumsi buah-buahan, seperti semangka, pepaya, melon, jeruk, buah naga dll. Pastikan untuk mengonsumsi sayuran hijau, serta brokoli dan wortel, untuk kekebalan tubuh. Untuk protein, konsumsilah ikan, telur, ayam, daging, tempe, dan tahu.

5. Istirahat yang cukup minimal 8 jam sehari.

6. JANGAN membuat dirimu kelaparan.

7. Konsumsi berbagai makanan, termasuk banyak sayuran berwarna, buah-buahan, kacang-kacangan dan polong-polongan, serta makanan yang difermentasi.

8. Makan kurang dan berlebihan dapat memengaruhi sistem kekebalan, jadi pastikan makanan Anda seimbang.

Catatan: Puasa tidak serta merta meningkatkan risiko mengembangkan COVID-19 atau tertular virus yang menyebabkannya. Anda juga bisa mendapatkan vaksin dan melakukan tes COVID-19 saat berpuasa.

Studi telah menunjukkan bahwa puasa bermanfaat bagi sistem kekebalan atau kekebalan dan, tidak ada bukti bahwa puasa meningkatkan risiko infeksi Covid-19.

Seperti yang diamati, puasa dapat membantu memperbaiki jaringan sel yang rusak; berpuasa selama 30 hari dapat merangsang produksi sel darah putih baru. Ini, pada gilirannya, membantu meregenerasi seluruh sistem kekebalan Anda, memperkuat tubuh lebih lanjut dalam mencegah timbulnya berbagai infeksi bakteri dan virus serta penyakit lainnya.

Penting untuk memperhatikan asupan nutrisi, karena itu memainkan peran utama dalam memengaruhi kekebalan Anda. Puasa juga dapat mengurangi massa lemak tubuh, karena lemak yang berlebih di dalam tubuh dapat merusak keseimbangan sistem kekebalan tubuh manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro