Ginjal/medicinet.com
Health

10 Makanan untuk Meningkatkan Fungsi Ginjal

Nancy Junita
Senin, 19 April 2021 - 09:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ginjal berperan penting dan sentral dalam menjaga kesehatan. Ginjal yang sehat diperlukan untuk aktivitas tubuh sehari-hari.

Laporan menunjukkan kenyataan pahit bahwa sekitar 10 persen populasi di seluruh dunia dipengaruhi oleh penyakit ginjal kronis (CKD), dan jutaan orang meninggal setiap tahun. Para ahli menunjukkan bahwa memilih makanan ramah ginjal adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan fungsi ginjal.

Sementara, sebagian besar kelainan anatomi ginjal terjadi sejak lahir, namun kerusakan fisiologis terutama disebabkan oleh gaya hidup dan kebiasaan makan.

Ada berbagai cara untuk meningkatkan fungsi ginjal, dan makan makanan sehat adalah salah satu cara terbaik untuk melakukannya.

Berikut 10 makanan yang baik untuk ginjal Anda dikutip dari www.boldsky.com:

1.Kembang kol

Sebagai sumber folat dan serat yang baik, kembang kol adalah pilihan yang sehat untuk meningkatkan kesehatan ginjal. Kandungan vitamin C menjadikannya makanan bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan dan  fungsi sistem kemih yang sehat.

Mereka yang menderita penyakit ginjal diminta untuk mengurangi konsumsi natrium, kalium, dan fosfor. Mineral ini memperburuk masalah ginjal.

Adapun, kembang kol adalah sayuran kaya nutrisi dengan konsentrasi mineral yang rendah, mengganti kentang dengan kembang kol adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan ginjal Anda.

10 Makanan untuk Meningkatkan Fungsi Ginjal

2. Kubis

Kubis kaya akan fitokimia yang membantu memecah radikal bebas. Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan ginjal. Bersama dengan fitokimia, kubis juga mengandung Vitamin K, B12, B6, asam folat, dan serat makanan. Karena rendah kalium, ini juga merupakan makanan super dialisis yang bagus.

Komposisi nutrisi yang kaya dari kubis menjadikannya kekuatan yang harus diperhitungkan tidak hanya untuk kesehatan ginjal tetapi juga fungsi sehat dari organ lain.

3. Bawang Putih

Bawang putih mengandung nutrisi dan mineral seperti natrium, fosfor dan kalium, dan kaya makanan anti-inflamasi. Ini membantu menurunkan kolesterol dan memungkinkan aliran darah yang lancar di dalam tubuh.

Selain itu, bawang putih merupakan bumbu penting bagi mereka yang menderita penyakit ginjal. Pemyandang gagal ginjal dilarang menambahkan garam ke makanan mereka dan mengandalkan rasa bawang putih.

5. Bawang

Seperti bawang putih, salah satu tujuan bawang merah dalam diet ramah ginjal adalah untuk menambah rasa tanpa garam. Selain itu, bawang bombay kaya akan vitamin B kompleks, vitamin C, dan mangan, yang meningkatkan kesehatan usus.

Bawang memiliki antioksidan kuat yang mendetoksifikasi dan membersihkan ginjal. Bawang juga mengandung mineral kromium yang membantu metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat. Jadi, mengonsumsi bawang mentah atau dimasak akan membantu menjaga kesehatan ginjal.

10 Makanan untuk Meningkatkan Fungsi Ginjal

6. Akar Bit

Bit telah lama dikenal karena kemampuannya untuk mengatur aliran darah dan menjaga tingkat tekanan darah dalam tubuh. Tanaman ini mengandung vitamin B6 dan K, keduanya baik untuk fungsi ginjal yang sehat.

7. Lobak

Sayuran renyah ini kaya akan antioksidan dan nutrisi tetapi rendah kalium dan fosfor. Oleh karena itu, ini merupakan tambahan yang baik untuk diet ramah ginjal. Penelitian telah menunjukkan bahwa lobak merupakan tambahan yang sehat untuk diet ginjal.

8. Mentimun

Mentimun sebagian besar terbuat dari air. Tepatnya,  96 persen kandungan mentimun adalah air.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi mentimun secara teratur dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda dengan membantu ginjal mengeluarkan senyawa dari darah. Mentimun juga dapat membantu melarutkan batu ginjal kecil.

8. Paprika Merah

Mengandung rendah kalium dan kaya vitamin A, B6, C, serat dan asam folat, paprika merah bekerja secara ajaib dalam menjaga kesehatan ginjal. Paprika merah dikatakan dapat memecah limbah beracun dalam darah, yang membantu fungsi ginjal.

9. Ikan

Para ahli merekomendasikan memasukkan dua atau tiga kali makan ikan untuk menjaga kesehatan ginjal Anda. Ikan sumber protein berkualitas tinggi serta asam lemak omega-3 yang mengurangi peradangan. Salmon, tuna, dan ikan air dingin berlemak lainnya yang tinggi asam lemak omega-3 baik untuk ginjal Anda.

10. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah sumber asam oleat yang luar biasa, komponen penting yang membantu fungsi normal ginjal. Minyak zaitun mengandung lemak jenuh tunggal yang membantu mencegah oksidasi. Selain itu, orang yang menggunakan minyak zaitun dibandingkan minyak lain memiliki risiko lebih rendah terkena kanker dan diabetes.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro