Ilustrasi Diabetes/www.telegraph.co.uk
Health

7 Tanda Peringatan Utama Gejala Diabetes Tipe 2

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 22 April 2021 - 08:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Diabetes tipe 2 adalah kondisi kronis dimana kadar gula darah terus berfluktuasi. Meskipun kondisinya tidak kentara, ada tujuh indikator umum, kata American Diabetes Association.

Mekanisme utama yang mendasari diabetes tipe 2 adalah gangguan dalam cara tubuh memproduksi hormon yang disebut insulin. Hormon mengatur gula darah gula utama yang ditemukan dalam darah Anda. Tanpa kekuatan regulasi insulin, kadar gula darah dibiarkan naik dan ini terbukti sangat merusak.

Menurut ADA, 7 gejala umum itu meliputi sebagai berikut seperti dilansir dari Express :

1. Sering buang air kecil

2. Merasa sangat haus

3. Merasa sangat lapar — meskipun Anda sedang makan

4. Kelelahan yang ekstrim

5. Penglihatan kabur

6. Luka / memar yang lambat sembuh

7. Kesemutan, nyeri, atau mati rasa di tangan / kaki.

Sangat penting untuk menindaklanjuti tanda-tanda peringatan ini segera setelah muncul.

"Deteksi dan pengobatan dini diabetes dapat menurunkan risiko pengembangan komplikasi diabetes," catat ADA.

Diabetes tipe 2 sering didiagnosis setelah tes darah atau urine untuk mengetahui hal lain.

Namun, seperti yang ditunjukkan oleh badan kesehatan, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter umum jika Anda memiliki gejala diabetes.

Cara mengobati diabetes tipe 2

Respon utama untuk gejala diabetes tipe 2 adalah menurunkan kadar gula darah tinggi. Perubahan gaya hidup adalah kuncinya - diet sehat dan tetap aktif akan membantu Anda mengelola kadar gula darah.

Tidak ada yang tidak boleh Anda makan jika Anda menderita diabetes tipe 2, tetapi Anda harus membatasi makanan tertentu.

Yang harus diperhatikan adalah karbohidrat karena mereka dipecah menjadi gula darah (glukosa) dengan relatif cepat dan oleh karena itu memiliki efek yang lebih nyata pada kadar gula darah daripada lemak atau protein.

"Karbohidrat ditemukan, pada tingkat yang berbeda-beda dalam berbagai jenis makanan, terutama dalam makanan bertepung seperti nasi, pasta, dan tepung (oleh karena itu termasuk kue, roti, dan makanan berbasis adonan lainnya)," jelas Diabetes.co.uk.

Badan kesehatan Inggris itu melanjutkan karbohidrat umumnya ditemukan di semua buah dan sayuran, namun, jumlah karbohidrat dapat sangat bervariasi.

"Karbohidrat umumnya ditemukan, setidaknya sampai derajat tertentu, di semua buah dan sayuran."

Seperti yang ditunjukkan, kandungan karbohidrat dapat "sangat bervariasi" dari satu sayuran ke sayuran lainnya dan hal yang sama juga berlaku untuk buah-buahan.

Indeks glikemik (GI) dapat membantu Anda mengurutkan karbohidrat ke dalam kategori yang berbeda.  GI adalah sistem peringkat untuk makanan yang mengandung karbohidrat.  Ini menunjukkan seberapa cepat setiap makanan memengaruhi kadar gula darah (glukosa) Anda saat makanan itu dimakan sendiri. 

Makanan berkarbohidrat yang dipecah dengan cepat oleh tubuh Anda dan menyebabkan peningkatan glukosa darah secara cepat memiliki peringkat GI yang tinggi, seperti gula dan makanan manis, minuman ringan manis, roti putih, kentang, dan nasi putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro