Ketua Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Poppy Dharsono. /Bisnis.com-Janlika
Fashion

Tips Bangun Bisnis Fesyen Muslim Online ala Poppy Dharsono

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 26 April 2021 - 11:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mencuatnya minat gaya hidup halal membuat industri fesyen muslim tengah menggeliat di Tanah Air. Sementara itu, perkembangan teknologi informasi juga membuat masyarakat makin mudah mendapat fesyen muslim.

Ketua Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Poppy Dharsono mengungkapkan bahwa perubahan gaya belanja menuntut produk fesyen bisa didapat dengan mudah secara online.

"Kini bisnis fesyen muslim sangat terbantu dengan teknologi online shop. Dulu ruang kami terbatas pada butik dan toko, kini dengan membangun toko online bisa memperluas jangkauan bisnis modest. Dan di era pandemi ini sangat tepat bila ingin masuk industri bisnis fesyen muslim dan dimulai dari toko online," kata Poppy pada Bisnis, Senin (26/4/2021).

Berikut adalah tiga cara membangun bisnis fesyen muslim dari Poppy Dharsono :

1. Tangkap Peluang

Agar membangun bisnis fesyen online dan tak berhenti di tengah jalan, pada saat memulainya tak boleh asal-asalan. Harus selalu menangkap tren yang sedang terjadi di pasar.

Karena fesyen muslim umumnya dipakai oleh para hijabers dan dipakai oleh pria saat beribadah, maka dari itu harus mengenali target pasar. Kemudian tangkap momentum yang tepat di mana pasar sangat mencari fesyen muslim, misalnya saat Ramadan.

2. Amati Pesaing Secara Virtual

Membuka usaha online juga penting mengamati kompetitor. Mempelajari celah produk pesaing, akan memberikan ide untuk memperkuat kualitas produk label sendiri.

Mengamati toko online pesaing dapat dengan mudah secara virtual melalui seluruh kanal usaha onlinenya, mulai dari media sosial atau websitenya.

Kemudian, pelajari produk konsumen mulai dari bahan baku dan harga yang ditawarkan. Dan yang paling penting, amati komentar atau review dari pembeli di website atau media sosial toko online tersebut.

3. Siapkan Visual Branding dan Budget

Visual branding penting untuk membangun citra yang baik dari produk fesyen muslim yang dijual secara daring. Meskipun produk telah dirancang dengan kualitas yang baik, namun bila visual branding-nya tidak menarik maka akan terabaikan oleh pasar. Oleh karena itu perlu dilakukan pemotretan, video, dan desain iklan yang profesional.

Pada saat berjualan secara luring, diperlukan anggaran untuk menyewa butik, listrik, gaji kariyawan, perawatan interior toko dan sebagainya.

Namun, saat menjalankan bisnis secara daring tak ada salahnya anggarkan dana untuk menggunakan jasa pembuatan konten visual branding prodak agar terlihat menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro