Depresi/everydayhealth
Relationship

Kenali 5 Perbedaan Antara Sedih dan Depresi

Mia Chitra Dinisari
Senin, 26 April 2021 - 14:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah sulit bagi Anda untuk mengetahui apakah Anda hanya sedih atau, sebenarnya, mengalami depresi?

Terkadang kita membingungkan keduanya, padahal ada perbedaan yang substansial. Di sini, Anda akan mengetahui apa yang mendasari kedua konsep tersebut dan cara memisahkan kesedihan dan depresi dengan mudah.

Hal penting antara Kesedihan vs. Depresi :

Kesedihan: Anda sedih tentang sesuatu selama beberapa jam pada suatu waktu. Setelah pengalaman negatif, suasana hati Anda berubah, paling lama selama beberapa minggu. Seiring waktu, itu menjadi sedikit lebih baik dengan sendirinya.

Depresi: Sebagian besar area hidup Anda terpengaruh, dan Anda menunjukkan kombinasi gejala depresi untuk sebagian besar hari Anda selama setidaknya dua minggu, menyebabkan tekanan umum.

Berikut 5 perbedaan mendasar antara kesedihan dengan depresi seperti dilansir dari mymoodpath.com :

1. Kesedihan adalah emosi. Depresi adalah penyakit mental.

Kesedihan adalah emosi dasar dan bagian dari apa yang menjadikan kita manusia - semua orang tahu seperti apa rasanya. Mengalami kesedihan bahkan mungkin membantu dalam mengatasi pengalaman sulit dalam hidup, seperti penolakan, putus cinta, atau kekecewaan.

Depresi, di sisi lain, adalah penyakit mental. Artinya, gejala ini muncul dalam banyak gejala depresi yang berbeda setidaknya selama dua minggu. Hal-hal yang pernah membuat Anda bersukacita atau menghibur Anda tidak lagi membantu. Anda merasa lelah terus-menerus dan kehilangan motivasi.

Kesedihan dan depresi sangat berbeda dan dalam gambar ini mereka dilambangkan dengan skala, yang jauh lebih berat di satu sisi.

Kesedihan yang berkepanjangan hanyalah satu bagian dari depresi! Kemungkinan beberapa pikiran, perilaku, dan bahkan pengalaman fisik Anda telah berubah seiring dengan emosi Anda, menyebabkan tekanan umum dan perubahan mendasar dalam persepsi dan sikap Anda terhadap kehidupan.

2. Kesedihan itu singkat. Depresi berlangsung lebih lama.

Emosi adalah pengalaman sadar sesaat. Mereka memudar seiring waktu. Jika suatu emosi berlanjut selama satu fase dalam hidup, itu terjadi secara selang-seling. Jadi, bisa bertahan beberapa jam sebelum berkurang, setidaknya sedikit. Bahkan selama masa sedih, ada saat-saat di hari Anda di mana Anda merasa baik-baik saja. Anda bisa tertawa, menikmati lagu favorit Anda, atau kehadiran seorang teman. Kesedihan memudar seiring waktu - itulah tugasnya.

Namun, depresi berlangsung lebih lama, tanpa perhatian yang tepat: Ini berlangsung hampir sepanjang hari Anda setidaknya selama dua minggu, tepatnya. “Menghentikannya” bukanlah pilihan. Semua gejala yang Anda alami tampak konstan, meskipun mungkin lebih buruk di pagi hari. Meskipun demikian, depresi menentukan sepanjang hari Anda. Tampaknya tidak terpikirkan bahwa Anda akan merasa lebih baik lagi.

3. Kesedihan adalah reaksi spesifik. Depresi adalah keadaan umum yang tidak normal.

Kesedihan biasanya merupakan reaksi terhadap sesuatu, misalnya peristiwa yang menyakitkan. Kesedihan Anda disebabkan oleh pengalaman khusus ini dan itu adalah emosi yang normal dan sehat, namun seringkali tidak menyenangkan. Namun Depresi seringkali terjadi tanpa alasan yang jelas.

Mungkin hidup Anda sepertinya akan baik-baik saja. Selama depresi, gejala Anda tidak hanya muncul saat memikirkan peristiwa atau orang tertentu. Mereka hadir dalam hampir setiap situasi. Konsentrasi Anda mungkin lebih rendah. Anda memiliki pandangan negatif tentang masa depan, Anda mungkin merasa sangat bersalah atau menderita perasaan tidak berdaya karena tidak terkendali.

Jika depresi dimulai setelah peristiwa tertentu, itu mungkin pemicunya, bukan satu-satunya penyebabnya. Dalam hal ini, perilaku dan reaksi Anda tidak sesuai dengan kejadiannya dan itu berbahaya bagi Anda. Jika diabaikan, itu bisa berubah menjadi spiral ke bawah.

Kehilangan orang yang dicintai menyebabkan tanggapan duka yang parah yang melampaui apa yang kita sebut kesedihan. Depresi sulit dibedakan karena gejala seperti kehilangan nafsu makan dan masalah tidur bisa menjadi bagian dari kesedihan. Duka cenderung menjadi proses panjang yang datang secara bergelombang. Seperti kesedihan, kesedihan cenderung berfluktuasi dari hari ke hari. Depresi tidak terlalu parah.

Biasanya, individu yang berduka cenderung menerima bantuan dan dukungan, sedangkan penderita depresi menarik diri dan mengasingkan diri. Selain itu, orang dengan depresi dapat mengalami perasaan bersalah atau penurunan harga diri, sedangkan orang yang sedih atau berduka biasanya tidak.

4. Kesedihan mengubah suasana hati Anda untuk sementara. Depresi mengubah hidup Anda.

Selama hari atau minggu yang menyedihkan, suasana hati Anda berubah. Pikiran Anda mungkin sibuk dan Anda dapat menemukan diri Anda kembali ke pikiran sedih. Namun, Anda tetap bisa menjalani hari seperti biasa. Namun, ketika Anda mengalami depresi klinis, kehidupan sehari-hari Anda menjadi sulit untuk dijalani.

Hidupmu telah berubah. Mungkin teman Anda juga menyadarinya. Anda mungkin mengalami kesulitan untuk tertidur atau tertidur. Mungkin nafsu makan atau dorongan seks Anda turun. Anda mungkin mengalami harga diri yang lebih rendah. Anda telah kehilangan minat dan kegembiraan dalam aktivitas favorit Anda, terus-menerus merasa lelah dan tanpa energi.

5. Kesedihan itu subjektif. Depresi didiagnosis.

Terserah Anda untuk mengatakan bahwa Anda sedih. Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa Anda sedih, itu adalah sesuatu yang Anda alami secara subyektif dan mandiri. Depresi, di sisi lain, telah menetapkan kriteria dan membutuhkan diagnosis resmi. Bagaimanapun, tidak hanya jangka waktu yang menjadi kunci diagnosis, juga kombinasi spesifik dari inti dan gejala tambahan. Oleh karena itu, diperlukan tes depresi.

Jika Anda masih ragu-ragu, melacak emosi, kognisi, dan pengalaman fisik Anda dapat mendukung deteksi depresi. Moodpath secara teratur mengukur semua gejala depresi. Aplikasi, yang dibuat untuk membantu Anda mendeteksi gejala dan episode depresi, akan mengajukan pertanyaan tiga kali sehari selama dua minggu, memberi Anda surat dokter yang sehat di akhir periode itu. Dengan cara ini Anda akan dapat menyingkirkan keraguan yang tersisa dan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang apa yang Anda alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro