Swab Test/
Health

Apa Arti Viral Load pada Pasien Positif Covid-19?

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 27 April 2021 - 08:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika gelombang kedua Covid-19 menghantam seluruh negara, jumlah pengujian ke lebih banyak orang dilakukan untuk memastikan keberadaan virus dan tingkat keparahan infeksinya.

Metode yang paling terjamin untuk mendeteksi keberadaan virus dan strain mutan adalah dengan melakukan uji RT-PCR. Tes RT-PCR (Reverse transcription- Polymerase chain reaction) dianggap sebagai standar emas untuk mendeteksi COVID-19 dan juga viral load, yang menentukan tingkat keparahan infeksi dan risiko penularan.

Lantas apa itu viral load? Sederhananya, begitu virus corona memasuki darah, virus mulai bereplikasi di dalam sel dan menginfeksi lebih banyak sel. Viral load mengacu pada jumlah materi genetik, biasanya RNA, virus yang ada dalam darah orang yang terinfeksi. Ini dinyatakan sebagai jumlah total partikel virus yang ada di setiap mililiter darah. Viral load yang lebih tinggi di dalam darah berarti virus berkembang biak dan infeksi berlanjut. Demikian dilansir dari Times of India.

Beberapa tes dilakukan dalam waktu yang lama dengan pengukuran viral load awal sebagai dasar untuk memahami perkembangan infeksi. Itu karena viral load dapat berbeda setiap hari dan pemantauan terus menerus adalah pilihan terbaik yang tersedia.

Sebelumnya, mengukur viral load patogen dalam darah digunakan pada orang yang terinfeksi HIV untuk menentukan bagaimana mereka menanggapi pengobatan antivirus. Itu karena tes menentukan perkembangan penyakit dan HIV adalah salah satu infeksi virus dengan profil tertinggi. Beberapa penelitian telah dilakukan dengan fokus pada COVID-19 dan viral load SARS-CoV-2. Dipercaya bahwa pengetahuan tentang viral load dapat membantu menentukan tingkat keparahan infeksi. Namun lebih banyak penelitian diperlukan di daerah tersebut.

SARS-CoV-2 termasuk dalam keluarga virus corona yang menginfeksi sistem pernapasan bagian atas. Tetapi tidak seperti infeksi SARS-CoV, viral load dari jenis virus baru tidak tinggi di tenggorokan, melainkan menonjol di hidung. Viral load tertinggi muncul dalam minggu pertama infeksi dengan timbulnya gejala. Ini juga menunjukkan bahwa risiko infeksi SARS-CoV-2 paling tinggi pada hari-hari awal dan tindakan yang tepat perlu diambil untuk mengekang pertumbuhan virus. Viral load juga ada pada pasien tanpa gejala yang berarti mereka sama-sama mampu menularkan infeksi kepada orang lain dan mengembangkan gejala COVID-19.

Apakah viral load yang tinggi berarti gejala yang parah?

Hubungan antara viral load yang tinggi dan perkembangan penyakit adalah hubungan yang kompleks. Proses dan kemungkinan untuk mendeteksi keberadaan virus dalam kasus pasien COVID-19 masih tergolong baru dan peneliti masih berusaha untuk mengumpulkan lebih banyak pengetahuan dalam kasus ini. Ketika datang ke perkembangan penyakit dan keparahan gejala, banyak faktor ikut bermain.

Tetapi berdasarkan pengetahuan awal tentang SARS, MERS dan influenza, viral load yang lebih tinggi biasanya menyebabkan gejala yang parah. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam The Lancet Infectious Diseases, viral load pada kasus yang parah sebagian besar 60 persen lebih tinggi dibandingkan pada kasus ringan, yang jelas menunjukkan bahwa semakin tinggi viral load risiko mengembangkan gejala yang parah juga tinggi.

Studi lain mengungkapkan bahwa tidak banyak perbedaan dalam viral load di berbagai tingkat keparahan COVID-19. Tinjauan tentang masalah infeksi COVID dan viral load sangat beragam dan diperlukan lebih banyak penelitian untuk mencapai kesimpulan apa pun.

Sejauh tingkat infeksinya, maka orang dengan viral load tinggi pasti lebih mungkin menularkan virus ke orang lain. Orang yang terinfeksi dengan viral load tinggi lebih mungkin melepaskan lebih banyak partikel virus, dalam proses yang dikenal sebagai “pelepasan virus”. Ketika seseorang yang sehat melakukan kontak dengan pasien seperti itu, ada kemungkinan besar mereka bisa mendapatkan dosis virus yang cukup tinggi untuk terinfeksi. Tingkat pelepasan virus tertinggi pada hari-hari awal infeksi dan turun 5 hari setelah gejala pertama muncul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro