Isolasi mandiri/Canberra Times
Health

Cara Isolasi Mandiri Pasien Covid-19 dengan Gejala Ringan di Rumah

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 27 April 2021 - 09:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Batuk kering, sakit tenggorokan, demam, dan pilek adalah gejala awal Covid-19 yang umum. Banyak pasien juga melaporkan hilangnya bau dan rasa, sakit kepala, kelelahan, dan nyeri tubuh.

Ada juga beberapa tanda bahaya lainnya, seperti sesak napas, penurunan saturasi oksigen, nyeri atau tekanan yang terus-menerus di dada, nafsu makan yang buruk, gerakan longgar, kelelahan, kelemahan atau mati rasa di anggota tubuh atau wajah, dll.

Dalam kasus yang parah, Covid berkembang dari gejala pertama menjadi pneumonia dalam waktu sekitar lima hari, dan menjadi hipoksemia berat dan masuk ICU dalam 7-12 hari.

Oleh karena itu, pemantauan kesehatan yang cermat sangatlah penting. Saat gejala muncul Jika Anda mengalami gejala Covid, segera lakukan isolasi di ruangan yang berventilasi baik dengan kamar mandi dalam, tanpa menunggu pemeriksaan.

Semakin lama Anda mengisolasi diri, semakin tinggi risiko menulari orang lain. Jika hasil tes Anda positif dan disarankan untuk diisolasi di rumah, Anda perlu memantau suhu dan tingkat oksigen Anda. Cobalah untuk menjaga jarak setidaknya enam kaki dari teman serumah lainnya. Jangan berbagi kacamata, handuk, dan ponsel. Jika Anda perlu berbagi ruang, pastikan ruangan memiliki aliran udara yang baik.

Berikut cara penanganan penyembuhan covid-19 di rumah seperti dilansir dari Times of India :

1. Memeriksa tingkat oksigen

Sebuah oksimeter denyut memeriksa tingkat oksigen dalam darah. Jika Anda menggunakannya di tempat tidur atau saat istirahat, itu tidak akan mendeteksi 'silent' atau hipoksia laten (oksigen rendah).

Dokter merekomendasikan 'tes jalan enam menit': catat tingkat oksigen Anda, berjalanlah selama enam menit dan periksa lagi. Jika level turun enam poin atau lebih mencari bantuan medis. Anda harus memeriksa suhu dan saturasi oksigen setiap empat jam.

2. Mengakhiri karantina rumah

Kementerian kesehatan mengatakan Anda akan baik-baik saja 10 hari setelah timbulnya gejala jika Anda tidak demam selama tiga hari terakhir. Bahkan setelah itu, Anda akan disarankan untuk mengisolasi diri di rumah dan memantau sendiri selama tujuh hari lagi.

Jika Anda tidak menunjukkan gejala, Anda dapat bersama orang lain 10 hari setelah dites positif.

3. Pulih setelah Covid

Setelah Anda bebas melangkah keluar, berolahragalah secara teratur untuk meningkatkan pernapasan dan membangun kekuatan. Istirahat yang cukup dan makan bergizi juga akan mempercepat pemulihan. Namun waspadai tanda-tanda 'panjang Covid', seperti batuk yang berlangsung berbulan-bulan, suara serak, sakit kepala, diare, kehilangan nafsu makan, dan sesak napas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro