Es krim/wisegeek.com
Health

Awas! Ini 5 Dampak Negatif Jika Makan Es Krim Terlalu Banyak

Hanafi Nurmahdi
Selasa, 27 April 2021 - 13:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Siapa yang tidak suka makan es krim? Ya, es krim merupakan makanan beku yang terbuat dari produk susu, seperti krim atau sejenisnya yang digabungkan dengan pemanis.

Makanan penutup yang sering dijumpai dengan berbagai varian rasa ini sudah menjadi primadona bagi semua kalangan, mulia dari anak-anak hingga orang dewasa. Es krim juga bisa menjadi makanan yang baik untuk meningkatkan perasaan atau mood agar lebih baik.

Saat seseorang makan es krim, indera pengecap akan merasakan sensasi manis yang bisa membuat tubuh melupakan stres. Meski demikian, es krim bisa berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu sering.

Bahaya bagi kesehatan mulai timbul ketika seseorang terlalu sering menghabiskan es krim dalam porsi besar. Mengutip dari situs Eat This, berikut efek yang timbul dari makan es krim setiap hari:

1. Sakit Gigi
Menurut American Dental Association, hingga 57 persen populasi Amerika menderita gigi yang sensitif terhadap makanan dan minuman dingin, panas, dan asam. Ini disebabkan ketika enamel gigi, cangkang yang melindungi gigi berkurang.

2. Gangguan Tidur
Sebuah penelitian menetapkan bahwa makan makanan rendah serat dan lemak jenuh tinggi dikaitkan dengan tidur yang lebih di malam hari. Mengonsumsi lebih banyak gula di malam hari mengurangi jumlah tidur nyenyak, gelombang lambat, dan restoratif.

3. Berat Badan Bertambah
Es krim sepertinya makanan yang baik untuk mengatur suasana hati, namun konsumsi gula tinggi bisa menjadi penyebab penambahan berat badan. Dengan takaran kadar gula yang tidak normal, es krim bisa membuat obesitas hingga diabetes.

4. Penyakit Jantung
Makan es krim terlalu banyak bisa membahayakan kesehatan jantung. Asupan lemak jenuh yang tinggi berkaitan dengan peningkatan kadar kolesterol buruk dalam tubuh, yang pada akhirnya meningkatkan risiko penyakit jantung.

5. Kesehatan Usus Menurun
Makan es krim terlalu sering akan mengurangi jumlah bakteri baik pada usus dan meningkatkan bakteri jahat. Dengan adanya bakteri jahat dalam tubuh, akan berakibat pada obesitas dan penyakit kronis lainnya. Penelitian lain juga menunjukkan konsumsi makanan tinggi lemak dan asam lemak jenuh bisa berefek pada kesehatan usus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro