Gorengan kerap dibungkus dengan kertas koran/Istimewa
Health

Penderita GERD, Hindari 6 Jenis Makanan dan Minuman Ini

Newswire
Rabu, 28 April 2021 - 15:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - GERD (Gastroesophageal reflux disease) merupakan penyakit yang terkait kondisi asam lambung seseorang.

Ketika GERD kambuh, ada sensasi terbakar di tenggorokan atau dada, disertai dengan mulas. Tanda lain penyakit GERD adalah batuk kering yang tidak kunjung berhenti, kesulitan menelan, bau mulut, rasa asam di mulut atau bersendawa berlebihan.

Dilansir dari Tempo.co, GERD terjadi ketika bagian otot esofagus bagian bawah yang seharusnya menutup (disebut sfingter esofagus bagian bawah) tidak menutup. Hal itu menyebabkan makanan dan asam lambung naik dari perut ke tenggorokan.

Selain tidak nyaman, GERD lama-kelamaan dapat merusak kerongkongan jika tidak ditangani, menurut National Institutes of Health (NIH).

Anda mengalami GERD? Ini 6 makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita GERD, seperti dilansir Livestrong.

1. Makanan Cepat Saji dan Gorengan
Tak satu pun makanan ini bagus untuk penderita GERD. Satu studi Oktober 2014 di Przegld Gastroenterologiczny menemukan hubungan antara keparahan gejala GERD dan diet, termasuk makanan yang digoreng.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami mengapa makanan yang digoreng memicu gejala GERD, menurut ulasan 2019 di Current Medicinal Chemistry. Makanan ini diketahui memperburuk GERD, kata Alicia A. Romano, ahli diet dan juru bicara Academy of Nutrition & Dietetics.

2. Daging Berlemak
Makanan kaya lemak jenuh terkenal sebagai penyebab GERD karena kemungkinan besar menurunkan ketegangan di bagian kerongkongan yang gagal menutup sebagaimana mestinya, sehingga asam dapat mengalir ke atas.

Makanan berlemak juga membutuhkan waktu lebih lama untuk keluar dari perut, tidak seperti makanan berserat yang lebih mudah dicerna. Menurut studi 2014 di Przegld Gastroenterologiczny, itu dapat menyebabkan regurgitasi makanan. Dibandingkan daging, Anda lebih baik pilih ikan dengan lemak tak jenuh seperti ikan, minyak zaitun, buah-buahan, dan sayuran.

3. Makanan Pedas
Makanan pedas dapat menyebabkan iritasi mukosa esofagus, menurut laporan Thoracic Disease pada Agustus 2019, yang menyebabkan mulas. Rempah-rempah seperti bubuk cabai dan lada adalah penyebab umum, kata Romano. Bawang putih juga bisa menjadi pemicunya.

4. Tomat
Saus berbahan dasar tomat dan produk tomat lainnya, seperti jus tomat, telah terbukti menyebabkan gejala GERD, kata Dr. Poppers. Ini mungkin terkait dengan sifat asam buah tomat yang tidak sesuai dengan kondisi lambung penderita GERD.

5. Kafein
NIH dan American College of Gastroenterology merekomendasikan orang dengan GERD sebaiknya membatasi kudapan berkafein, seperti cokelat, kopi, dan teh. Kafein adalah penyebab iritasi lain yang dicurigai yang memicu gejala GERD.

6. Alkohol
Alkohol menyebabkan banyak masalah, termasuk merusak sfingter esofagus bagian bawah, meningkatkan asam dan mengganggu cara pengosongan perut, menurut sebuah studi pada Agustus 2014 di BMC Gastroenterology. Lebih baik menghindarinya atau minum secukupnya untuk melihat apakah itu mempengaruhi gejala GERD, kata Dr. Poppers.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro