keringkan tubuh dengan handuk/istimewa
Fashion

Ini Dampak Buruk Keringkan Tubuh Pakai Handuk Setelah Mandi

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 29 April 2021 - 15:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dokter mengeluarkan peringatan kesehatan tentang menggosok badan Anda dengan handuk setelah mandi.

Menurut dokter kosmetik Dr Rekha Tailor dari Inggris, mandi memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, yang paling jelas adalah yang memengaruhi kulit. Mandi dapat membersihkan dan melembabkan kulit Anda serta menyingkirkan bakteri yang tidak diinginkan.

Namun, mengeringkan diri dengan handuk harus dihindari. Mengapa? Karena mandi membantu kulit Anda mempertahankan kelembapan yang dibutuhkannya agar tetap sehat dan terhidrasi, dan mengeringkannya bisa membuat kulit Anda kurang terhidrasi.

Menurut Dr Tailor, membiarkan kulit lembap bermanfaat karena membantu kulit menyerap bahan-bahan dalam produk mandi Anda dan mendapatkan manfaat maksimal darinya.

Hal lain yang harus dihindari, katanya, adalah mandi dengan air panas.

Meskipun mandi air panas dapat menenangkan, namun dapat menghasilkan efek yang tidak diinginkan pada tubuh, Dr Tailor memperingatkan.

Air panas menyebabkan kerusakan pada sel keratin yang berada di lapisan luar kulit atau epidermis.

Suhu yang lebih tinggi menyebabkan kulit mengering dan memperburuk kondisi kulit seperti eksim, yang seringkali menyebabkan kulit menjadi merah, gatal, dan kering.

Faktanya, penelitian menunjukkan manfaat mandi air dingin. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One menunjukkan itu mungkin memiliki efek peningkatan kekebalan.

Studi ini berusaha untuk mengevaluasi peran mandi air dingin terhadap penyakit, kualitas hidup dan produktivitas kerja.

Antara Januari dan Maret 2015, 3.018 peserta berusia antara 18 dan 65 tahun tanpa kondisi kesehatan mendasar yang parah dan tidak ada pengalaman rutin mandi air dingin yang diacak. Para peserta diacak menjadi mandi air dingin selama 30, 60, 90 detik atau kelompok kontrol selama 30 hari berturut-turut diikuti dengan 60 hari mandi air dingin.

Kualitas hidup, produktivitas kerja, kecemasan, sensasi panas dan reaksi merugikan tercatat menurun.

Mandi air dingin secara rutin menghasilkan pengurangan statistik ketidakhadiran karena penyakit yang dilaporkan sendiri, para peneliti menyimpulkan.

Hasilnya tidak sepenuhnya mengejutkan mandi air dingin dipercaya memiliki banyak efek menguntungkan pada kesehatan seperti peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro