Museum Nasional Korea/istimewa
Entertainment

Keluarga Bos Samsung Akan Sumbang 23.000 Aset Seni dan Budaya ke Museum

Rezha Hadyan
Kamis, 29 April 2021 - 09:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kebudayaan Korea Selatan menyatakan bahwa sejumlah 23.000 aset budaya dan karya seni yang didonasikan oleh keluarga mendiang pemilik perusahaan Samsung, Lee Kun-hee, akan dipertunjukkan ke publik secara bertahap sejak bulan Juni 2021.

Melansir KBS World pada Kamis (29/4/2021), Museum Nasional Korea akan menerima sekitar 21.000 karya seni, termasuk lukisan oleh seniman terkenal era Joseon, Jeong Seon, yang merupakan harta nasional.

Museum Nasional Seni Modern dan Kontemporer akan menerima 1.400 karya seni, termasuk karya seni oleh Monet, Gauguin, Renoir, Chagall dan Dali, serta 460 karya seni oleh para seniman awal masa modern Korea, seperti Kim Whan-ki dan Park Soo-keun.

Menteri Kebudayaan Korea Selatan Hwang Hee mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada keluarga almarum Lee atas donasi koleksi karya seni tersebut untuk memajukan seni dan budaya Korea, menambahkan bahwa ini adalah donasi serupa pertama di Korea dan sangat jarang terjadi di dunia.

Pihak keluarga Lee Kun-hee rencananya juga akan mendonasikan sekitar satu triliun won kepada masyarakat melalui yayasan kesejahteraan sosial.

Dikatakan bahwa 700 miliar won diantaranya akan disumbangkan untuk pembangunan rumah sakit khusus untuk penyakit menular dan 300 miliar won untuk membantu anak-anak penderita kanker dan penyakit langka.

Adapun, terkait dengan pembayaran pajak warisan, Keluarga pemilik perusahaan Samsung mengatakan bahwa pihaknya akan membayar pajak warisan sebesar lebih dari 12 triliun won sesuai dengan undang-undang terkait. Jumlah pajak itu lebih dari setengah total aset Lee yang diperkirakan mencapai lebih dari 20 triliun won, termasuk saham Samsung Eletronics.

Jumlah pajak warisan yang harus dibayarkan tersebut adalah salah satu yang terbesar di dunia dan sekitar tiga kali lipat dari jumlah total pajak warisan yang dibayarkan di Korea Selatan pada tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro