Pria sakit pinggang/istimewa
Health

Para Pria, Kenali Tanda-tanda Kanker Testis Berikut Ini

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 30 April 2021 - 10:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker testis paling sering terjadi pada pria berusia dua puluhan dan tiga puluhan dengan bentuk paling agresif yang paling sering ditemukan pada pria di bawah 30 tahun. 

Sayangnya, banyak pria yang tidak sadar terkena kanker yang satu ini, meskipun telah menyadari tanda-tandanya.

Robert Huddart, 58, Profesor Kanker Urologi di Institut Penelitian Kanker mengatakan gejala apa yang harus diwaspadai? Benjolan keras di testis yang belum tentu terasa sakit seringkali hanya terasa sakit ringan. Demikian dilansir dari Metro.co.uk.

Benjolan mulai cukup kecil tetapi dapat tumbuh menempati sebagian besar testis. Perhatikan perubahan ukuran dan bentuk testis dan periksa secara teratur.

Tumor dapat tumbuh dengan cepat dan menyebar, jadi semakin dini Anda mendeteksi sesuatu dan terbatas pada testis, semakin sedikit perawatan yang diperlukan.

Dalam pemeriksaan diri Anda merasakan testis untuk setiap area yang keras atau tidak beraturan dan perhatikan adanya perubahan. Apa yang terjadi jika Anda menemukan benjolan? Anda harus menemui dokter umum Anda yang kemudian dapat merujuk Anda ke spesialis atau untuk pemindaian.

Mayoritas pria datang dengan kanker tidak menyebar. Jika dibiarkan, tumor dapat menyebar dengan cepat. Jika kanker belum menyebar maka hampir semua orang sembuh.

Jika tumornya sangat lanjut yang turun menjadi 50%. Apa saja pilihan pengobatannya? Perawatan yang biasa dilakukan adalah mengangkat testis.

Kemudian Anda menilai jenis kanker itu, sejauh mana kanker itu dan risiko penyebarannya. Jika kanker belum menyebar, Anda memperhatikan pasien untuk melihat apakah kanker itu kembali. Kadang-kadang orang ditawarkan kemoterapi terbatas untuk mengurangi risiko kambuh kembali.

Jika kanker telah menyebar, Anda memerlukan tiga putaran kemoterapi, biasanya membutuhkan rawat inap di rumah sakit, membuat Anda merasa sakit dan lelah, Anda kehilangan rambut dan dapat mempengaruhi kesuburan Anda.

Sekitar 50%, termasuk orang yang menjalani kemoterapi sebagai pengobatan pencegahan untuk menghentikan mereka kambuh.

Sekitar 80% pasien akan diangkat testisnya dan kemudian menjalani pemindaian rutin dan pemeriksaan darah untuk melihat apakah kanker masih ada itu adalah pengobatan yang paling umum. Sebagian dari orang-orang tersebut akan kambuh dan kemudian membutuhkan kemoterapi atau lebih banyak operasi. Jika terdeteksi lebih awal, ini sangat dapat disembuhkan, itulah sebabnya kami ingin mengetahui kanker sedini mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro