Sakit GERD/istimewa
Health

4 Cara Meredakan Gerd di Malam Hari

Desyinta Nuraini
Jumat, 30 April 2021 - 08:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gastroesophageal reflux disease (Gerd) atau penyakit asam lambung kerap kali menimbulkan ketidaknyamanan saat malam hari. Akhirnya, hal tersebut menganggu kualitas tidur penderitanya.

Gerd menyebabkan gelombang nyeri yang tidak menyenangkan di area lambung hingga tenggorokan. Kebanyakan orang akan mengalami kondisi ini hanya sebentar, namun beberapa lainnya mengalami dalam durasi waktu lama atau berjam-jam.

Untungnya, ada beberapa solusi yang dianggap dapat meredakan kondisi ini.

Melansir Expres UK, Jumat (30/4/2021), berikut cara sederhana mengatasi penyakit asam lambung :

1. Hindari makan terlambat

Refluks asam berkembang ketika asam lambung mengalir ke dalam tabung yang menghubungkan organ ke mulut.

Telat makan, khususnya saat malam hari membuat perut mencernanya menjelang waktu tidur, dan kemudian dapat memperburuk Gerd. Oleh karena itu, batas makan dilakukan tiga jam sebelum tidur.

2. Hindari pemicu

Pemicu asam lambung bervariasi bagi kebanyakan orang, tetapi dokter telah mengidentifikasi beberapa makanan atau minuman yang dapat memicunya.

Makanan dan minuman tersebut diantaranya alkohol, kafein, makanan pedas atau berat jeruk, permen, dan makanan goreng tinggi lemak.

3. Obat bebas

Beberapa obat yang dijual di apotek bisa meredakan kondisi naiknya asam lambung dengan cepat, termasuk antasida, yang menetralkan asam lambung.

Ada juga antagonis H2 atau histamine 2 blocker yakni kelompok obat yang digunakan untuk mengurangi produksi asam lambung.

4. Ganti pakaian

Pakaian ketat kerap kali memberi tekanan pada perut. Oleh karena itu, pakailah piyama atau pakaian tidur yang lebih longgar untuk membantu mengurangi tekanan dan mencegah Gerd muncul saat waktu tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro