Elon Musk
Relationship

7 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja ala Bos Tesla, Elon Musk

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 9 Mei 2021 - 18:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Situasi pandemi telah membuat sebagian orang kehilangan produktivitas kerjanya.

Apalagi, kerja dari rumah membuat orang menjadi terlalu longgar atau justru berlebihan dalam bekerja.

CEO Tesla Elon Musk, berbagi beberapa tips dengan karyawan di perusahaan untuk membantu meningkatkan produktivitas mereka di tempat kerja.

1. Hindari rapat besar

Menurut Elon Musk, kecuali pertemuan besar dengan tujuan jelas dalam kurun waktu singkat, mereka harus dihindari.

“Rapat yang berlebihan adalah penyakit buruk bagi perusahaan besar dan hampir selalu menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu. Harap singkirkan semua rapat besar, kecuali Anda yakin rapat tersebut memberikan nilai kepada seluruh peserta yang dalam hal ini harus dibuat sangat singkat," paparnya dilansir dari Time Now News.

2. Jangan terlalu sering rapat

Selanjutnya, ia menyarankan agar tidak terlalu sering mengadakan rapat, kecuali untuk urusan yang sangat mendesak. “Juga singkirkan pertemuan yang sering, kecuali jika Anda menghadapi masalah yang sangat mendesak. Frekuensi pertemuan akan menurun dengan cepat setelah masalah mendesak diselesaikan. "

3. Tinggalkan rapat jika tidak ada yang berharga bagi Anda di sana

Tips ketiga adalah anggota meninggalkan rapat jika tidak ada yang berharga bagi Anda di sana. "Keluar dari rapat atau tinggalkan panggilan segera setelah Anda jelas-jelas tidak memberikan nilai tambah. Tidaklah kasar untuk pergi, tidak sopan membuat seseorang tinggal dan membuang waktu mereka.

4. Jangan menggunakan akronim atau "kata-kata yang tidak masuk akal" yang tidak dipahami orang lain

Tip keempat, jangan gunakan akronim atau kata-kata yang tidak masuk akal untuk objek. Secara umum, segala sesuatu yang membutuhkan penjelasan menghambat komunikasi. Kami tidak ingin orang harus menghafal glosarium hanya agar berfungsi di Tesla. ”

5. Ambil rute terpendek untuk berkomunikasi

Tips kelima, dia ingin karyawan mengambil jalur komunikasi terpendek untuk menyelesaikan pekerjaan, terlepas dari rantai komando.

“Komunikasi harus berjalan melalui jalur terpendek yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan, bukan melalui“ rantai komando ”. Setiap manajer yang mencoba untuk menegakkan komunikasi rantai komando akan segera menemukan diri mereka bekerja di tempat lain.

6. Izinkan aliran bebas komunikasi di suatu departemen

Tips keenam adalah memungkinkan arus komunikasi bebas di antara semua tingkatan dalam suatu departemen. “Sumber utama masalah adalah komunikasi yang buruk antar departemen. Cara untuk mengatasinya adalah dengan membiarkan informasi mengalir bebas di antara semua tingkatan. Jika untuk menyelesaikan sesuatu antar departemen, kontributor individu harus berbicara dengan manajer mereka, yang berbicara dengan direktur, yang berbicara dengan VP, yang berbicara dengan VP lain, yang berbicara dengan direktur, yang berbicara dengan manajer, yang berbicara dengan seseorang yang melakukan pekerjaan sebenarnya, maka hal-hal yang sangat bodoh akan terjadi. Tidak apa-apa bagi orang-orang untuk berbicara langsung dan mewujudkan hal yang benar. ”

7. Gunakan akal sehat Anda

Tips ketujuh dan terakhirnya adalah tentang menggunakan akal sehat dan memilihnya "sebagai panduan Anda". “Secara umum, selalu pilih akal sehat sebagai panduan Anda. Jika mengikuti "aturan perusahaan" jelas konyol dalam situasi tertentu, sehingga akan menjadi kartun Dilbert yang hebat, maka aturan tersebut harus berubah. "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro