Foto udara wahana permainan di Dufan, Ancol, Jakarta, Sabtu (20/6/2020). Setelah ditutup selama dua bulan akibat pandemi COVID-19, kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol kembali dibuka untuk umum dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Fashion

Mau Liburan ke Atlantis Ancol? Pengunjung Harus Tes GeNose Dulu

Newswire
Selasa, 11 Mei 2021 - 06:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Taman Impian Jaya Ancol dipastikan tetap buka selama libur Lebaran. Tetapi, taman hiburan di ibu kota itu akan menerapkan tes GeNose C-19 khususnya bagi pengunjung wahana air Atlantis.

Vice President Sea World, Ocean Dream Samudra dan Atlantis Rika Sudranto mengatakan tes GeNose itu diperlukan untuk memastikan setiap pengunjung dalam kondisi negatif Covid-19 sebelum menikmati wahana air tersebut. 

"Jadi bukan hanya kereta atau pesawat saja yang menerapkan tes nanti, tapi kami juga akan memastikan bahwa mereka yang masuk Atlantis sudah tidak ada orang tanpa gejala [OTG] atau apapun," katanya, dikutip dari tempo.co, Selasa (11/5/2021).

Menurut Rika, tes itu bertujuan agar pengunjung tidak khawatir saat masuk wahana itu. Sebab, saat berenang atau menikmati atraksi yang ada di sana berpotensi terjadi kerumunan, sedangkan tidak mungkin meminta pengunjung menggunakan masker di wahana air itu.

"Untuk mengatasi kekhawatiran tersebut, tidak cukup hanya menjaga baku mutu air yang digunakan sebagai pemandian dan kolam renang," kata Rika.

Selain itu, pengelola juga menerapkan pembatas bagi pengunjung yang akan masuk dan keluar dari setiap area kolam renang Atlantis Ancol menggunakan tali. 

Pengelola juga sudah memasang monitor televisi yang menampilkan teks berjalan (running text) yang menampilkan data pengunjung yang masuk dan yang keluar dari area wahana tersebut.

"Misalnya Sea World kan sekitar 3.500 [orang] kapasitasnya. Itu juga enggak boleh penuh. Kami punya running text di depan [pintu masuk]-nya yang menyatakan bahwa oh ternyata [jumlah pengunjung] 700 orang. Ya sudah langsung tutup [tidak boleh lewat dari 700 orang]," tekannya.

Rika mengatakan pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk Atlantis sebesar Rp105.000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya GeNose. 

Jika ada pengunjung yang ternyata positif saat tes, maka Ancol akan segera berkoordinasi dengan rumah sakit terdekat dan dilakukan pengantaran pasien positif tersebut dengan ambulans.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro