Ilustrasi akuntan. Sebagian besar perusahaan membutuhkan setidaknya gelar sarjana di bidang akuntansi atau bidang terkait, dan beberapa mungkin lebih memilih kredensial Akuntan Publik Bersertifikat (CPA). /Bisnis.com
Fashion

10 Pekerjaan Terbaik untuk Para Introvert

Janlika Putri Indah Sari
Selasa, 11 Mei 2021 - 11:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Setiap orang memiliki karakter dan sifat masing-masing. Bagi intovert, terkadang dunia pekerjaan menjadi 'ancaman' apabila terlalu banyak bertemu orang. Hal tersebut sering kali menjadi penghambat karier. Tak perlu berkecil hati, para introvert hanya perlu memilih bidang pekerjaan yang tepat dan seirama dengan Anda.

Melansir dari thebalancecareer, Selasa (11/5/2021), introversi dan rasa malu tidak selalu merupakan hal yang sama. Introvert cenderung menemukan situasi sosial yang menguras tenaga alih-alih merangsang. Introvert ada yang pemalu atau juga tidak, sama seperti ekstrovert.

Jika Anda adalah orang yang tertutup, ada banyak pekerjaan yang mungkin sangat cocok, memungkinkan Anda untuk bekerja sendiri. Atau setidaknya tidak di lingkungan yang membutuhkan interaksi sosial yang konstan.

Ada beberapa hal yang harus dicari oleh pencari kerja introvert dalam sebuah pekerjaan.

Pertama, cari pekerjaan yang membutuhkan interaksi dengan sejumlah orang. Temukan pekerjaan yang sebagian besar tugasnya melibatkan kerja mandiri atau kerja kelompok kecil.

Kedua, pikirkan tentang berapa banyak orang baru yang harus berinteraksi dengan Anda di tempat kerja. Banyak introvert merasa bertemu orang baru sangat melelahkan. Jika Anda harus berinteraksi dengan klien baru secara teratur, itu mungkin bukan pekerjaan yang tepat untuk Anda. Sebaliknya, carilah pekerjaan di mana Anda biasanya akan dikelilingi oleh orang yang sama setiap hari.

Berikut 10 pekerjaan terbaik untuk Introvert :

1. Akuntan
Akuntan membantu individu dan perusahaan memastikan laporan keuangan mereka akurat dan sesuai dengan peraturan negara bagian dan federal. Sebagian besar perusahaan membutuhkan setidaknya gelar sarjana di bidang akuntansi atau bidang terkait, dan beberapa mungkin lebih memilih kredensial Akuntan Publik Bersertifikat (CPA).

2. Aktuaris
Aktuaris menganalisis risiko untuk lembaga asuransi dan lembaga keuangan lainnya. Dengan menggunakan program perangkat lunak khusus, aktuaris menentukan kemungkinan berbagai hasil untuk klien dan investasi potensial. Biasanya, aktuaris memiliki gelar sarjana dalam ilmu aktuaria, matematika, atau bidang terkait. Untuk mencapai status profesional penuh, aktuaris harus disertifikasi oleh salah satu dari dua perkumpulan profesional.

3. Pengarsip
Pengarsip menilai, membuat katalog, dan menyimpan catatan permanen serta karya berharga lainnya. Mereka mungkin bekerja di perpustakaan, museum, atau bahkan di dalam arsip perusahaan. Sebagian besar arsiparis membutuhkan gelar master dalam ilmu arsip, sejarah, ilmu perpustakaan, atau bidang terkait. Karena arsiparis menghabiskan begitu banyak waktu baik dengan arsip fisik atau komputer, mereka tidak perlu khawatir tentang interaksi dengan terlalu banyak orang.

4. Reporter Pengadilan
Wartawan pengadilan membuat transkripsi kata demi kata dari proses hukum. Mereka juga terkadang memutar ulang atau membacakan kembali sebagian dari persidangan jika hakim memintanya. Meskipun pekerjaan ini mengharuskan dikelilingi oleh orang-orang di ruang sidang, wartawan pengadilan jarang harus berinteraksi dengan orang-orang itu, namun mereka hanya perlu menjadi pendengar yang baik. Banyak pelapor pengadilan memiliki sertifikat pelaporan pengadilan dari komunitas atau perguruan tinggi teknik, dan mereka menerima pelatihan sambil bekerja.

5. Editor Film atau Video
Editor film atau video menggunakan perangkat lunak pengedit video untuk menghasilkan produk akhir. Mereka harus berinteraksi dengan sekumpulan kecil orang lain, termasuk sutradara, editor lain, dan asisten pengeditan. Namun, sebagian besar pekerjaan mereka dilakukan di komputer, jadi mereka melakukan banyak pekerjaan sendiri atau dalam kelompok kecil.

6. Pemasang atau Perbaikan Lift
Mekanik elevator memasang dan memperbaiki elevator, eskalator, dan lift mekanis lainnya. Sebagian besar pemasang dan reparasi elevator memiliki ijazah sekolah menengah atas dan magang sebelum mendapatkan izin negara. Pekerjaan ini cocok untuk mereka yang berguna, kuat secara fisik dan gesit, serta mampu mengatasi ketinggian dan ruang kecil.

7. Teknisi Rekam Medis
Teknisi rekam medis dan teknisi informasi kesehatan mengatur dan memelihara data informasi kesehatan. Mereka mungkin menggunakan file kertas, file komputer, atau campuran keduanya. Teknisi mungkin bekerja di rumah sakit, kantor dokter, fasilitas perawatan, atau kantor administrasi. Mereka tidak banyak berinteraksi dengan pasien, tetapi mereka bekerja dengan perawat dan profesional perawatan kesehatan lainnya. Mereka seringkali harus mendapatkan kembali informasi untuk orang-orang ini. Namun, sebagian besar pekerjaan mereka dilakukan di belakang komputer, jadi ini adalah pekerjaan yang bagus untuk orang yang ingin mengatakannya di luar sorotan.

8. Manajer Media Sosial
Anda akan terfokus dengan kata sosial dalam judulnya, dan pekerjaan manajer media sosial tidak cocok untuk orang yang tertutup. Namun, manajer media sosial mempertahankan merek perusahaan dari balik komputer. Mereka membuat konten online, menanggapi komentar online, dan menjawab pertanyaan daring. Mereka harus merasa nyaman dalam membuat dan mendistribusikan konten merek di sejumlah platform online. Meskipun manajer media sosial harus bekerja dengan atasan dan kolega mereka, mereka biasanya tidak harus terlibat langsung dengan klien.

9. Pengembang Perangkat Lunak
Pengembang perangkat lunak merancang dan membangun program perangkat lunak, serta mengembangkan peningkatan versi, menguji program dan aplikasi, dan menulis dokumentasi. Meskipun keterampilan interpersonal dan kemampuan untuk bekerja dengan tim merupakan persyaratan untuk pekerjaan ini, ada juga banyak peluang untuk pekerjaan yang berat di banyak posisi.

10. Teknisi Kedokteran Hewan
Teknisi kedokteran hewan akan merawat hewan. Mereka bekerja di bawah pengawasan dokter hewan, membantu dokter dengan diagnosis dan perawatan hewan. Teknisi dokter hewan sering melakukan tes, seperti analisis darah dan urin, memberikan obat dan anestesi, dan mempersiapkan hewan untuk operasi. Biasanya, teknisi dokter hewan memiliki gelar associate dan lisensi negara bagian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro