Ilustrasi orangtua dan anak/Istimewa
Health

Rayakan Lebaran Bersama Buah Hati Saat Pandemi, Coba 5 Cara Ini

Yuliana Hema
Rabu, 12 Mei 2021 - 12:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kondisi Lebaran tahun ini masih seperti tahun sebelumnya dengan adanya pandemi Covid-19. Hal ini membuat perayaan umat muslim ini cukup terbatas untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Anda tidak perlu khawatir kalau  keterbatasan tersebut dapat mengurangi makna Hari Raya Idulfitri. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar perayaan tetap bermakna terlebih jika dilakukan bersama buah hati.

Mengutip dari Asianimage, berikut 5 cara menyenangkan untuk merayakan Lebaran bersama anak:

1. Membuat kartu Idulfitri

Kegiatan ini dirasa cukup cocok jika dilakukan bersama anak-anak. Tanpa mengurangi esensi Idulfitri, anak juga dapat melatih keterampilan seni dan kerajinannya.

Selain itu, kegiatan ini juga bisa membantu anak untuk tetap terhubung dengan sanak saudara yang tidak bisa ditemui melalui ungkapan perasaan yang diwujudkan dengan gambar dan tulisan.

2. Memasak dan makan bersama

Kegiatan ini merupakan cara yang bagus untuk menyatukan keluarga. Anda bisa mengajak anak-anak untuk memasak resep keluarga yang sudah turun temurun. Dengan kegiatan ini, anak juga bisa melatih kognitifnya karena mengharuskan untuk fokus pada tugas tertentu.

3. Saling memberi hadiah

Mayoritas anak-anak pasti menyukai hadiah. Oleh karena itu, Anda bisa memulai tradisi untuk melakukan tukar hadiah pada saat lebaran. Perlu diketahui juga bahwa memberi hadiah merupakan sunnah lain dari Nabi Muhammad.

4. Berdandan

Berdandan dan mengenakan pakaian terbaik saat lebaran memang sudah menjadi tradisi yang dilakukan oleh banyak orang. Hal ini dilakukan juga untuk membedakan antara hari raya dengan hari biasa. Pakaian terbaik yang dimaksud dalam hal ini bukan berarti selalu pakaian baru tetapi bisa juga pakaian yang dimiliki tapi hanya digunakan saat momen-momen tertentu.

5. Berkomunikasi dengan keluarga secara online

Walaupun kondisi pandemi memaksa untuk tidak bertemu secara offline, teknologi bisa memudahkan untuk bertemu secara online. Ajak anak dan keluarga untuk berkumpul secara virtual untuk melakukan silaturahmi di lebaran. Kegiatan ini penting dilakukan agar anak bisa tetap terhubung dengan saudara-saudaranya meskipun berjauhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yuliana Hema
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro