Essential oil./ilustrasi
Health

Awas, Ini Risiko Penggunaan Essential Oil Bagi Kulit Jika Asal Pakai

Ni Luh Anggela
Kamis, 13 Mei 2021 - 11:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Komponen Essential oil atau minyak atsiri ini berbeda dengan minyak pada umumnya karena tidak mengandung asam lemak.   Sumber olahannya benar-benar murni dari ekstrak tanaman.

Tidak hanya dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan saja, minyak ini menyimpan manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Essential oil diyakini dapat meredakan stres, mual, kram perut  dan migrain.  Penggunaannya juga cukup mudah, bisa langsung dihirup aromanya dan dioleskan langsung pada kulit.

Menghirup essential oil tertentu, seperti dilansir dari New York Times, Kamis (13/5/2021) telah terbukti memengaruhi sistem saraf pusat dan merangsang otak untuk melepaskan neurotransmitter seperti serotonin yang membantu mengatur suasana hati, mereka juga telah terbukti mengganggu fungsi normal hormon.

Ketika diaplikasikan ke kulit Anda, beberapa ahli mengatakan bahwa dalam konsentrasi kecil mereka menawarkan manfaat antibakteri, namun banyak yang meyakini bahwa selain memberikan aroma yang harum pada produk, mereka lebih banyak memberikan kerugian daripada keuntungan.

Petrillo mengatakan, penggunaan pada kulit hampir dipastikan beberapa di antaranya akan masuk ke aliran darah. Dia juga memberikan daftar efek samping umum yang akan terjadi pada kulit, termasuk kemerahan, luka bakar kimiawi, sakit kepala, bengkak, dan melepuh. Dan meskipun banyak merek mempertahankan bahwa sifat antibakteri essential oil membantu dalam mengurangi jerawat, nyatanya mereka benar-benar dapat memperparah kondisi jerawat.  

essential oil
essential oil

“Banyak klien kami dengan jerawat menggunakan merek perawatan kulit ‘cleaner’ yang benar-benar dapat menyumbat pori-pori karena minyak dan tumbuhan  yang mereka formulasikan,”  kata Sofie Pavitt, seorang ahli estetika di New York.

Meski sangat mungkin untuk mengalami reaksi alergi terhadap essential oil apapun, beberapa dikenal lebih berisiko dibanding yang lain. Citrus Oil, termasuk lemon, jeruk dan bergamot, sangat berbahaya karena dapat bersifat fototoksik, yang berarti mereka beraksi terhadap sinar UV dan dapat menyebabkan kulit terbakar dan melepuh. Kulit kayu manis, cengkeh, serai, oregano, peppermint dan minyak melati juga diketahui menyebabkan iritasi.

Namun, essential oil yang paling sering mendatangkan malapetaka juga merupakan salah satu yang paling direkomendasikan oleh ahli naturopati dan penggemar perawatan kulit alami.

“Saya melihat begitu banyak pasien dengan jerawat atau jamur yang percaya bahwa minyak pohon teh merupakan obat ajaib untuk mengatasi hampir semua hal” kata Dr. Gonzalez. Penggunaan minyak pohon teh berlebihan yang dibeli di apotek untuk masker wajah, atau untuk perawatan di tempat, pada akhirnya memperburuk kondisi kulit dan mengembangkan penyamaran tinea, infeksi jamur yang tertutup dan sering diperburuk dengan penggunanaan agen topikal.

Ini membuat Dr. Gonzalez lebih sulit untuk mendiagnosis masalah utama, dan menjadi lebih rumit untuk diperbaiki karena Anda saat ini harus memperbaiki penghalang kulit yang telah terganggu oleh penggunaan minyak ini.

Lalu bagaimana Anda bisa menggunakannya dengan aman? Dr. Gonzalez mengatakan bahwa sebagian besar yang mereka gunakan di industri kecantikan benar-benar berada di zona abu-abu, dimana beberapa orang yang menggunakannya tidak merasakan efek samping dan ada yang mengalami efek samping.   

Maka dari itu, para ahli merekomendasikan untuk mencari konsentrasi encer 0,5 hingga 1 persen atau lebih rendah, sebaiknya dicampur dengan minyak pembawa yang kurang reaktif seperti argan atau kelapa. Karena banyak merek tidak mencantumkan konsentrasi, Anda bisa melakukan tes bau sederhana; jika sangat harum, lebih mungkin untuk menyebabkan iritasi pada kulit Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro