Susu kedelai/Ilustrasi
Health

11 Jenis Makanan untuk Turunkan Kolesterol, Oatmeal hingga Kedelai

Feni Freycinetia Fitriani
Jumat, 14 Mei 2021 - 09:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kue kering, makanan bersantan, serta kudapan tinggi lemak menjadi primadona saat Hari Raya Idulfitri. Meski rasanya enak, Anda harus mewaspadai kandungan kolesterol yang ada dalam makanan utama saat momen Lebaran.

Kolesterol merupakan jenis lemak yang jika kadarnya terlalu tinggi bisa menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satu dampak kolestrerol tinggi, yaitu penumpukan plak (lemak) di pembuluh darah arteri sehingga bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Lantas apa yang harus dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol? Anda wajib mengubah makanan demi meningkatkan armada lemak yang mengambang melalui aliran darah Anda.

Menambahkan makanan yang menurunkan LDL, partikel pembawa kolesterol berbahaya yang berkontribusi pada aterosklerosis yang menyumbat arteri, adalah cara terbaik untuk mencapai diet rendah kolesterol.

Makanan yang berbeda menurunkan kolesterol dengan berbagai cara. Beberapa mengirimkan serat larut, yang mengikat kolesterol dan prekursornya dalam sistem pencernaan dan menyeretnya keluar dari tubuh sebelum masuk ke sirkulasi.

Beberapa makanan bahkan memberi Anda lemak tak jenuh ganda, yang secara langsung menurunkan LDL. Dan beberapa mengandung sterol dan stanol tumbuhan, yang menghalangi tubuh menyerap kolesterol.

Berikut 11 jenis makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh seperti dilansir dari situs Harvard Health:

1. Oatmeal
Langkah pertama yang mudah untuk menurunkan kolesterol Anda adalah makan semangkuk oatmeal atau sereal berbahan dasar oat dingin seperti Cheerios untuk sarapan. Ini memberi Anda 1 hingga 2 gram serat larut. Tambahkan pisang atau stroberi untuk setengah gram lagi.

2. Barley dan Biji-bijian
Seperti gandum dan dedak gandum, barley dan biji-bijian lainnya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, terutama melalui serat larut yang dihasilkannya.

3. Kacang Lentil
Kacang sangat kaya akan serat larut. Mereka juga membutuhkan waktu beberapa saat untuk dicerna oleh tubuh, yang berarti Anda akan merasa kenyang lebih lama setelah makan. Anda bisa mencoba lentil, garbanzos, kacang polong hitam, dan lainnya.

4. Terong dan okra
Kedua sayuran rendah kalori ini merupakan sumber serat larut yang baik.

5. Kacang Almon dan Kacang Tanah
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makan almond, kenari, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung. Makan 2 ons kacang sehari bisa sedikit menurunkan LDL, sekitar 5 persen.

6. Minyak Sayur
Menggunakan minyak nabati cair seperti kanola, bunga matahari, safflower, dan lainnya sebagai pengganti mentega atau mentega putih saat memasak atau menyiapkan makanan membantu menurunkan LDL.

7. Apel, Anggur, Stroberi, Jeruk
Buah-buahan ini kaya akan pektin, sejenis serat larut yang menurunkan LDL.

8. Makanan Mengandung Sterol dan Stanol
Sterol dan stanol yang diekstrak dari tumbuhan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kolesterol dari makanan. Produsen menambahkannya ke makanan mulai dari margarin dan granola bar hingga jus jeruk dan coklat.

9. Kedelai
Makananan atau minuman mengandung kedelai, seperti tahu dan susu kedelai, pernah disebut-sebut sebagai cara ampuh untuk menurunkan kolesterol.

10. Lemak Ikan
Makan ikan dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan LDL dengan dua cara: dengan mengganti daging, yang memiliki lemak jenuh penambah LDL, dan dengan memberikan lemak omega-3 penurun LDL.

11. Suplemen Serat
Suplemen menawarkan cara yang paling tidak menarik untuk mendapatkan serat larut. Dua sendok teh psyllium sehari, yang ditemukan di Metamucil dan obat pencahar pembentuk massal lainnya, menyediakan sekitar 4 gram serat larut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro