Ilustrasi Kopi /Arah Kopi
Health

Terkuak! 5 Manfaat Kopi untuk Mempercepat Penurunan Berat Badan

Feni Freycinetia Fitriani
Jumat, 14 Mei 2021 - 11:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda suka minum secangkir kopi sebelum bekerja atau bergantung pada kopi hitam untuk memulai pagi?

Tidak dapat disangkal, kopi merupakan salah satu pendorong energi yang hebat. Selain rendah kalori, kopi hitam juga merupakan minuman ramah penurun berat badan dan memiliki banyak manfaat.

Selama bertahun-tahun, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi secangkir kopi secara teratur meningkatkan pengelolaan berat badan yang sehat dalam jangka panjang.

Berikut 5 manfaat kopi untuk membantu Anda mempercepat penurunan berat badan seperti dilansir dari Times of India:

1. Minuman Sebelum Olah Raga
Jika Anda mencari minuman energi yang sangat baik untuk mendorong latihan Anda, kopi adalah yang Anda butuhkan. Pengamat menyarankan Anda untuk minum kopi hitam minimal 30 menit sebelum berolahraga. Konsumsi kopi sebelum latihan dapat membantu menurunkan lemak lebih cepat. Selain itu, kopi juga memberi Anda banyak energi untuk berkeringat lebih banyak.

2. Menekan Nafsu Makan
Aturan nomor satu untuk mendorong penurunan berat badan adalah membakar lebih banyak kalori atau defisit kalori. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengonsumsi karbohidrat yang lebih rendah dengan hati-hati atau makan dalam porsi sedang. Yang terpenting, kurangi konsumsi makanan yang tidak berguna.

Minum kopi merupakan salah satu cara untuk melakukannya. Konsumsi kafein pada siang hari terbukti dapat menurunkan asupan energi dan mendorong pengosongan lambung. Sederhananya, minum secangkir kopi sebelum makan dapat membuat Anda kenyang dan mengonsumsi lebih sedikit.

3. Meningkatkan Metabolisme
Penurunan berat badan juga bisa sangat bergantung pada seberapa cepat atau lambat metabolisme Anda. Meskipun ada beberapa cara alami untuk meningkatkan metabolisme, kopi merupakan salah satu penguat yang bagus. Studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Food Science and Nutrition telah menetapkan bahwa kafein, secara umum, bekerja untuk menyeimbangkan BMI dan mempercepat metabolisme secara efisien.

4. Antioksidan Alami
Kafein berlebih mungkin berdampak buruk bagi kita, tetapi perlu diingat bahwa kopi mengandung profil antioksidan yang kaya. Antioksidan membantu menghancurkan radikal bebas (yang bertanggung jawab atas penumpukan lemak), regenerasi sel baru serta fungsi vital yang optimal. Polifenol, terutama yang ada dalam kafein, menurut para ahli, sangat ramah terhadap proses penurunan berat badan.

5. Jenis Kopi
Setelah menjelaskan manfaat minum kopi untuk menurunkan berat badan, ingatlah bahwa semuanya tergantung pada jenis kopi yang Anda sukai. Jika preferensi kopi Anda melibatkan bungkus gula atau buih krim, pertimbangkan untuk segera mengubahnya.

Untuk menghilangkan lemak dan kesehatan yang optimal, sangat ideal untuk mengonsumsi kopi hitam atau kopi hijau. Jika Anda suka menambahkan susu, sedikit susu (nabati atau biasa) tidak apa-apa. Ingatlah untuk mengonsumsi maksimal 2-3 cangkir sehari untuk menghindari masalah pencernaan dan efek samping lain dari terlalu banyak kafein.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro