Pedagang membersihkan bawang putih di salah satu pasar tradisional di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (2/5/2019)./ANTARA-Arnas Padda
Health

Jangan di Kulkas! Ini Cara Simpan Bawang yang Baik dan Tahan Lama

Newswire
Minggu, 16 Mei 2021 - 14:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mayoritas sayuran dan buah bisa bertahan lama di dalam lemari es atau kulkas. Namun, hal ini tidak berlaku untuk bawang merah dan bawang putih.

"Bawang merah menyerap lebih banyak kelembapan di lemari es, sehingga lebih cepat rusak," kata koki sekaligus pemilik restoran di Birmingham, Alabama, Amerika Serikat, seperti dilansir Tempo.co, Minggu (16/5/2021).

Pati juga lebih cepat berubah menjadi gula di lingkungan yang dingin dan lembab, sehingga membuat bawang merah basah.

Untuk bawang putih, alasannya sedikit berbeda. Menyimpan bawang putih di lemari es akan merangsang pertumbuhan tunas, menurut University of California. Meskipun bawang putih yang bertunas tidak berbahaya, ini merupakan indikasi bahwa bawang putih sudah melewati kualitas puncaknya.

Jadi, alih-alih memasukkannya ke dalam lemari es, simpan bawang utuh di tempat yang sejuk, kering, dan berventilasi baik, menurut National Onion Association.

Kelembapan atau kurangnya pergerakan udara akan mempercepat pembusukannya, sementara sinar matahari akan menyebabkannya bertunas. Ketika disimpan dengan benar, bawang utuh memiliki umur simpan yang bagus dan panjang sekitar 30 hari, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat USDA).

Bawang putih juga bisa disimpan dengan cara yang sama, yaitu di tempat yang sejuk, kering, dan berventilasi baik, menurut University of California. Penyimpanan dengan cara ini akan membuat bertahan lebih lama, sekitar 3 hingga 5 bulan dalam kondisi ini.

Bagaimana dengan bawang merah yang telah dikupas atau diiris? Berbeda dengan bawang utuh, bawang yang sudah dikupas, tetapi masih utuh (ketika lapisan tipis kulit luar yang keras dihilangkan) harus didinginkan. Menurut USDA, bawang kupas memiliki umur simpan sekitar 10 hingga 14 hari.

Untuk bawang iris atau bawang yang sudah dipotong dadu, umur simpannya sedikit lebih pendek, yaitu sekitar 7 hingga 10 hari, menurut USDA.

Adapun, bawang putih yang telah dikupas dapat disimpan di dalam freezer, sebelumnya bungkus dengan rapat agar kedap udara.

Bawang putih juga bisa dikupas dan dihaluskan dengan sedikit minyak hingga membentuk pasta kental. Pasta minyak bawang putih yang dihasilkan kemudian bisa dibekukan dalam wadah kedap udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro