Bawang putih./JIBI
Health

Bahan Alami untuk Kontrol Diabetes dan Hipertensi Resep dr Zaidul Akbar

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 18 Mei 2021 - 19:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bahan alami seperti rempah-rempahan sudah dikenal lama sebagai salah satu pengobatan yang digunakan di tanah air.

Bahan herbal itu semisal dijadikan jamu, atau daun-daun seduhan saja. Khasiat bahan herbal ini diketahui bisa mengobati dari penyakit ringan seperti flu hingga penyakit serius seperti diabetes dan hipertensi.

dr. Zaidul Akbar adalah dokter, pendakwah Islam, konsultan, dan praktisi pengobatan sunah Indonesia juga memberikan resep alami untuk pengobatan diabetes dan hipertensi, serta cara untuk mengontrol dua penyakit tersebut.

Di akun twitternya, dia membagikan resep alami pengobatan diabetes berupa Kayu manis, Ketumbar, cengkeh, jahe, Kunyit, bawang putih.

Semua bahan alami itu, katanya, bisa diseduh bersamaan dan airnya diminum secara rutin. Atau juga bisa dijadikan sebagai infused water.

"Manfaat dari rempah ini yakni mengontrol, menyeimbangkan serta menurunkan gula darah," demikian dikutip dari akun twitter @resepdrzaidulakbar.

Salah satu bahan alami yang disebut bisa menurunkan diabetes yakni bawang putih yang selama ini memang kerap ampuh mengobati diabetes.

Dikutip dari Klikdokter, menurut dr. Devia Irine Putri, selama ini bawang putih memang dikenal untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.  Penyakit jantung sendiri menjadi kondisi yang memengaruhi sekitar 80 persen penderita diabetes. 

Diketahui, kandungan allicin, yaitu bahan aktif pada bawang putih, dapat berperan sebagai antidiabetik dan antibiotik. 

Dilansir dari Healthline, sebuah studi pada 2006 menemukan, bawang putih mentah dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mengurangi risiko aterosklerosis. Meskipun masih terus diteliti, sebuah studi tahun 2014 juga mendukung temuan tersebut.  

Dikatakan, konsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Bawang putih juga mengandung vitamin C. Vitamin ini diketahui dapat berperan dalam menjaga kadar gula darah.

Sedangkan obat alami untuk hipertensi yakni bawang putih, ketumbar, Timun, seledri, pisang, infused water buah-buahan, kunyit. Cara pengolahannya pun sama, bisa diseduh atau dijadikan infused water.

dr Zaidul Akbar adalah penggagas Jurus Sehat Rasulullah. Ia juga merupakan salah satu pendiri dan Ketua Umum Perkumpulan Bekam Indonesia serta Pengurus Pusat Asosiasi Pengobat Tradisional Indonesia.

Dikutip dari Unisma.ac.id, kunyit ternyata memang bisa menurunkan peradangan dalam tubuh yang menyebabkan tingginya kolesterol dan tekanan darah. Kunyit yang secara aktif mengurangi peradangan pada akhirnya akan membantu menjaga fungsi kardiovaskular serta menjaga kelancaran aliran darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro